Tinjau Pembangunan Sirkuit Mandalika, Ini Kata Menpora

Menpora Zainudin Amali
Sumber :
  • Kemenpora

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, baru saja meninjau pembangunan Sirkuit Mandalika di kawasan Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Menurutnya, dengan progres yang terlihat sejauh ini, dia optimistis kejuaraan dunia balap motor paling bergengsi itu bisa terlaksana di Indonesia.

Meski Sudah Malam, Maarten Paes Hadiri Rapat Kerja Komisi X DPR Pakai Baju Kerah Timnas Indonesia

"Perencanaan yang dipersiapkan oleh ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) kemudian bersama pemerintah pusat dan pemerintah daerah tetap jalan ya. Saya optimis sesuai dengan perencanaan kita bahwa pekerjaan ini akan selesai," kata Zainudin di sela-sela peninjauannya dalam rilis menpora">kemenpora">Kemenpora yang diterima VIVA.

Zainudin menegaskan fasilitas yang akan digunakan untuk MotoGP harus dipersiapkan sebaik mungkin. Sebab, nama Indonesia bakal jadi sorotan dunia ketika event tersebut nantinya mampir ke Tanah Air.

MS Glow For Men Racing Team Tampil Memukau di Mandalika Racing Series 2024

"Tugas kita menyiapkan dengan sebaiknya fasilitas yang akan digunakan untuk MotoGP. Dorna nanti akan datang melihat dan kami harap mereka puas melihat pekerjaan kami dan MotoGP akan berlangsung di Indonesia," ujar Zainudin.

Sempat ada isu kalau MotoGP Indonesia 2021 batal lantaran pembangunan yang belum selesai. Terlebih, dalam kalender MotoGP 2021 yang sudah dirilis, Indonesia masuk ke daftar negara cadangan bersama Portugal dan Rusia.

37 Pemain Diaspora Dicoba untuk Timnas Indonesia U-16

Dengan status cadangan dan sirkuit yang masih dalam tahap pembangunan, berhembus kabar bila Indonesia batal jadi tuan rumah MotoGP tahun depan.

Namun, hal itu ditampik oleh Zainudin. Dia menyebut peninjauannya ini sebagai bukti kalau Indonesia masih berpeluang menjadi tuan rumah MotoGP 2021.

"Kita adalah negara besar. Saya punya keyakinan dengan kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, kemudian ITDC serta kontraktor, semua bersinergi dengan baik. Sekaligus saya meyakinkan kepada masyarakat, saya optimis MotoGP Mandalika 2021 Insya Allah akan terlaksana. Informasi dari ITDC, itu masih on progres," tutur Zainudin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya