Siman Sudartawa Bongkar Rahasia Kebugaran di Tengah Pandemi COVID-19

Ketum PRSI, Anindya Novyan Bakrie bersama Siman Sudartawa
Sumber :
  • VIVAnews/Riki Ilham Rafles

VIVA –Perenang andalan Indonesia, I Gede Siman Sudartawa harus melakukan penyesuaian setelah sejumlah kejuaraan tertunda akibat pandemi COVID-19.

Akuatik Indonesia Resmi Ganti Nama Jadi Federasi Akuatik Indonesia

Menjaga kebugaran adalah hal yang wajib dilakukan meski kepastian kejuaraan tak tahu rimbanya. Baru-baru ini, peraih medali emas 50 meter gaya punggung putra di SEA Games 2019 itu melakukan pengukuran antropometri.

Hasilnya, memang terdapat perubahan komposisi fisik pada tubuhnya. Namun, perubahan ini tidak menurunkan tingkat kebugarannya secara signifikan.

Munasus PB Akuatik Indonesia Bahas Perubahan Nama

Dengan relaksasi aturan ‘social distancing’ dalam beberapa minggu terakhir, Siman dapat kembali ke jadwal latihannya, meskipun belum 100 persen.

Siman mengatakan, kebugarannya masih tetap terjaga berkat program Kachimeshi Winning Meals. Program ini berasal dari Ajinomoto Indonesia yang juga turut mendukung Siman dalam meraih prestasi.

Atlet Kodam IX/Udayana Sapu Bersih Medali di Ajang Sportel Bali Triathlon 2024

Photo :
  • Istimewa

Ajinomoto Indonesia memberikan dukungan pada seputaran penyediaan nutrisi seimbang yang menunjang latihan perenang 26 tahun itu.

Siman mengungkapkan, penyesuaian pola makanan ideal  untuknya adalah dengan rasio nutrisi makro - 40 persen karbohidrat, 30 persen protein, 30 persen lemak untuk merangsang pembakaran lemak.

Proses memasak juga menjadi sangat penting, khususnya merebus, memanggang, dan mengukus. Untuk asupan zat besi dan B12 bernilai biologis tinggi untuk produksi energi, Siman juga mengonsumsi protein hewani tanpa lemak.

Sedangkan untuk produksi energi memaksimalkan asupan zat besi dan B12 bernilai biologis tinggi, sementara peningkatkan asupan kalsium untuk meminimalkan kelelahan otot dan kram sekaligus memaksimalkan pemulihan otot, Siman minum susu secara teratur.

"Sebagai seorang atlet, banyak hal yang harus Saya lalui untuk berdiri di podium dan menerima medali. Banyak pihak yang memberikan dukungan kepada saya, baik dari keluarga, pemerintah, federasi olahraga," kata Siman.

"Selain itu, dukungan dari pihak Ajinomoto Indonesia dengan program Winning Meals Kachimeshi-nya sehingga banyak yang ingin saya ceritakan lewat website kachimeshi-indonesia.com ini,” sambungnya.

Dalam dua bulan ke depan, Siman memiliki target dapat mengurangi prosentase lemak tubuh sekitar 3-5 persen dengan maksimal 7 persen dan massa otot meningkat secara proporsional pada bagian bagian penting yang pada akhirnya dapat meningkatkan tenaga dan kecepatan Siman di dalam air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya