Klub Peserta IBL 2021 Tidak Boleh Gunakan Pemain Asing

Simulasi penyelenggaraan Indonesia Basketball League (IBL).
Sumber :
  • VIVA/Zulfikar Husein

VIVA – Kompetisi Indonesia Basketball League (IBL) bakal kembali bergulir. Liga basket paling elite di Indonesia itu rencananya akan memulai musim barunya pada 15 Januari 2021 mendatang. 

Senjata Baru Amartha Hangtuah Arungi IBL 2022

Namun, di musim 2021 nanti, kompetisi IBL akan berbeda dari sebelumnya. Sebab, pihak penyelenggara melarang seluruh klub peserta untuk mengontrak pemain asing. 

"Untuk 2021, peraturan pertandingan akan kami sesuaikan. Pemain asing tidak ada dan semua tim harus full pemain lokal saja," kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, di Mahaka Square, Selasa 15 Desember 2020.

Sejarah Baru Tercipta di IBL 2022

Selain mengenai aturan pemain asing, IBL berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan sepanjang bergulirnya kompetisi. Bahkan, protokol kesehatan untuk pencegahan COVID-19 akan dimasukkan ke dalam aturan tambahan. 

"Dalam peraturan ini kami juga memasukkan protokol kesehatan. Nanti, aturan ini kami akan tetap pertahankan sehingga kebiasaan ini bisa dilakukan jika pandemi sudah berakhir," ujarnya. 

Minta Izin ke Menpora RI, IBL Musim 2022 Akan Digelar Januari

Junas juga menambahkan, bahwa pihaknya sangat optimistis IBL 2021 bisa berjalan dengan lancar meski pandemi virus Corona belum berakhir. Terlebih, IBL telah mencontoh beberapa negara yang sudah menjalankan liga basketnya di tengah pandemi. 

"Kalau referensi cukup banyak, apalagi olahraga basket sudah dimainkan banyak negara. NBA, liga basket paling populer bisa berjalan dengan menggunakan sistem yang sama," ucapnya. 

Pertandingan Pelita Jaya vs Louvre Dewa United

2 Pemain Positif COVID-19, Laga Pelita Jaya Vs Satya Wacana Ditunda

Sebelumnya duel antara Indonesia Patriots melawan NSH Mountain Gold juga ditunda.

img_title
VIVA.co.id
30 Januari 2022