Jadi Ketum PB PASI, Luhut Siap Teruskan Cita-cita Mendiang Bob Hasan

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan
Sumber :
  • Dok. Kemenko Marves

VIVA – Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) telah memiliki Ketua Umum baru periode 2021-2025. Sosok yang menggantikan mendiang Bob Hasan adalah Luhut Binsar Pandjaitan.

Indonesian Government to Provide Incentive for Apple Investment

Pria 73 tahun itu terpilih secara aklamasi dalam kongres yang digelar secara virtual pada Senin 25 Januari 2021. Luhut dapat dukungan penuh dari 34 Pengurus Provinsi PASI.

Dengan ditunjuknya pria yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman itu, diharapkan prestasi PASI semakin berkibar di kancah nasional maupun internasional. Terlebih, tahun ini ada banyak agenda olahraga, seperti Olimpiade, SEA Games, dan PON Papua.

Luhut Sebut Apple Juga Sangat Tertarik Investasi di IKN

Dalam unggahan di Instagram pribadinya, Luhut pun sadar bakal memiliki tugas berat dengan menjadi Ketum PASI meneruskan pekerjaan Bob Hasan. Sebab, cabang olahraga atletik selalu mampu memberikan prestasi saat berada di bawah binaannya.

Kendati demikian, Luhut menganggap tugas ini adalah sebuah amanat yang harus dijalankan sepenuh hati. Maka itu, dia sudah bersiap untuk menganalisis seluruh nomor yang ada di atletik agar bisa meraih prestasi maksimal.

Menko Luhut Siap Beri Insentif ke Apple Agar Mau Berinvestasi di RI

"Saya selalu punya prinsip bahwa setiap jabatan apapun yang diberikan adalah sebuah amanat yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Begitu juga hari ini dimana saya mendapat kepercayaan dari 34 pengurus provinsi untuk memimpin Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia. Saya melihat hal ini adalah amanat yang berarti, karena tugas yang berat jelas sudah ada di depan mata, yaitu membawa nama harum bangsa Indonesia di pentas dunia lewat cabang olahraga atletik yang selama ini menjadi 'the mother of all sports and the number 1 Olympic sport'," tulis Luhut.

"Saya sempat mengamati beberapa pemberitaan dan meminta staff saya untuk melakukan riset berbasis data dan membandingkan semua statistik dan angka mulai dari SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade untuk melihat potensi apa saja yang bisa dikembangkan dari 48 cabang nomor perlombaan di atletik ini. Saya berharap betul bahwa kedepannya kita akan menggunakan angka-angka untuk melihat data, mana yang akan betul -betul menjadi cabang olahraga prioritas dalam perhelatan Sea Games, Asian Games bahkan Olimpiade," lanjutnya.

Lebih lanjut, Luhut berharap bantuan dari seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan agar bisa membawa PASI meraih prestasi maksimal selama di bawah kepemimpinannya. Sebab, dia ingin meneruskan cita-cita Bob Hasan yang ingin melihat atletik berjaya.

"Prestasi para atlet di cabang olahraga ini, pastinya tidak bisa lepas dari jasa dan pengabdian Almarhum Bapak Mohamad Hasan yang saya rasa pantas menerima rasa hormat dan ucapan terima kasih tak terhingga sebagai Bapak Atletik Indonesia," tulis pria asal Sumatera Utara.

"Melalui perjuangan beliau yang tidak tertandingi selama puluhan tahun menjadi Ketua Umum PB PASI. Beliau telah meletakkan pondasi, tiang-tiang, bahkan sebuah bangunan atletik Indonesia yang kokoh sehingga harus kita pelihara bersama. Saya akan berusaha melanjutkan perjuangan dan cita-cita almarhum agar PASI berkembang terus dan menghasilkan atlet-atlet yang membanggakan dengan prestasi tingkat dunia," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya