Profil dan Deretan Prestasi Pegolf Tiger Woods

Tiger Woods
Sumber :
  • PGA Tour

VIVA – Eldric Tont Woods alias Tiger Woods adalah seorang pegolf profesional Amerika Serikat. Pria kelahiran 30 Desember 1975 itu merupakan pegolf dengan kemenangan terbanyak di PGA Tour dan memegang banyak rekor golf.

Punya Mobil Mercedes-Benz Bisa Wakili Indonesia di Ajang Internasional

Woods secara luas dianggap sebagai salah satu pegolf terhebat sepanjang masa dan menjadi salah atlet paling terkenal sepanjang masa. Dia telah terpilih masuk ke dalam World Golf Hall of Fame.

Setelah melalui karier di golf junior, perguruan tinggi, dan amatir yang luar biasa, Woods menjadi profesional pada 1996 di usianya yang memasuki 20 tahun. 

Gandeng Golftrovert, FUNDtastic Gelar Turnamen Golf VOL.1 2024

Pada akhir 1997, ia telah memenangkan tiga PGA Tour selain kejuaraan Masters pertamanya pada 1997, yang diikuti setelah memenangkannya lewat 12 pukulan dalam penampilan yang memencahkan rekor. 

Dia mencapai peringkat satu dunia untuk pertama kalinya pada Juni 1997, kurang dari setahun setelah menjadi profesional. Sepanjang dekade pertama abad ke-21, Woods adalah kekuatan dominan di golf. 

Himpunan Alumni Sekolah Bisnis IPB Bentuk Yayasan Beasiswa Lewat Golf Amal

Dia adalah pegolf peringkat teratas di dunia dari Agustus 1999 hingga September 2004 (264 pekan) dan periode berikutnya pada Juni 2005 hingga Oktober 2010 (281 pekan). Selama waktu itu, dia memenangkan 13 kejuaraan golf utama.

Photo :
  • DNA

Dekade berikutnya, karier Wodds dinodai dengan munculnya masalah kehidupan pribadi dan cedera. Dia memutuskan mengambil cuti dari golf profesional pada Desember 2009 hingga awal April 2010 untuk menyelesaikan masalah penikahan dengan istrinya, Elin.

Woods akhirnya mengaku telah melakukan beberapa perselingkuhan saat masih berstatus sebagai suami Elin. Pasangan ini pun resmi bercerai pada Desember 2009.

Setelah urusannya masalah pernikahannya selesai, Woods kembali berkiprah di golf profesional pada November 2011 dan harus memulainya dari peringkat 58 dunia. Namun, dia berhasil ke menjadi nomor satu dunia pada Maret 2013 hingga Mei 2014.

Setelah itu, cedera membuat Woods harus menjalani empat operasi punggung antara 2014 hingga 2017. Woods pun hanya berkompetisi satu turnamen saja antara Agustus 2015 hingga Januari 2018. Catatan itu membuatnya harus keluar dari 1.000 pegolf top dunia.

Sekembalinya ke kompetisi reguler, Woods membuat kemajuan yang stabil ke puncak permainan dengan memenangkan Championship Tour pada September 2018 dan gelar besar pertamanya dalam 11 tahun di Masters 2019.

Woods telah memegang banyak rekor gol. Dia menjadi pemain nomor di dunia selama beberapa pekan berturut-turut dan untuk jumlah total pekan terbesar dari semua pegolf dalam sejarah.

Photo :
  • Instagram @tigerwoods

Dia telah dianugerahi PGA Player of the Year sebanyak 11 kali, dan telah memenangkan Penghargaan Byron Nelson untuk rata-rata skor terendah yang disesuaikan dengan rekor delapan kali. Woods juga memiliki hadiah uang terbanyak dalam sepuluh musim berbeda.

Dia pun telah memenangkan 15 kejuaraan golf utama profesional, (hanya tertinggal dari Jack Nicklaus, yang memimpin dengan 18 gelar) dan 82 PGA Tour (sama seperti pencapaian Sam Snead).

Woods juga tercatat sebagai pegolf aktif dengan kemenangan besar di PGA Tour. Dia adalah pemain termuda yang mencapai karier Grand Slam, dan pegolf kedua (setelah Nicklaus) yang mencapai karier Grand Slam tiga kali.

Woods telah memenangkan 18 Kejuaraan Golf Dunia. Dia juga menjadi bagian dari tim pemenangan Amerika Serikat saat meraih Piala Ryder 1999. Pada Mei 2019, Woods dianugerahi Presendentian Medal of Freedom, dan menjadi pegolf keempat yang menerima penghargaan tersebut.

Photo :
  • Andrew Weber-USA TODAY Sports

Pada 23 Februari 2021 atau Rabu 24 Februari WIB, Woods dilarikan ke rumah dalam kondisi luka serius tapi stabil setelah mengalami kecelakaan tunggal saat mengendarai mobilnya. 

Mengutip CNN, dia saat ini sedang menjalani operasi darurat untuk memperbaiki patah tulang yang terjadi di setiap kaki selain pergelangan kaki yang hancur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya