Grand Master Catur Indonesia Kirim Surat Terbuka ke Deddy Corbuzier

Grand master catur Indonesia, Irene Kharisma Sukandar.
Sumber :
  • Instagram/@irene_sukandar

VIVA – Grand Master wanita catur Indonesia, Irene Kharisma Sukandar, melayangkan surat terbuka kepada pesohor Deddy Corbuzier.

Legenda Catur Dunia Garry Kasparov Masuk Daftar Teroris Rusia

Surat itu berisikan pernyataan Irene ihwal program podcast Deddy yang membahas pertandingan catur online di situs Chess.com antara pecatur Indonesia, Dadang Subur dengan akun Dewa_Kipas melawan Grand Master catur Amerika Serikat sekaligus YouTuber GothamChess, Levy Rozman.

"Ini adalah surat terbuka untuk mengungkapkan kegundahan hati saya akan kasus yang belakangan ini ramai dibicarakan di dunia catur, olahraga otak yang sudah saya tekuni selama lebih dari 20 tahun," tulis Irene, dalam surat terbuka yang diunggah di Twitter pribadinya, Minggu 14 Maret 2021.

Profil Ashwath Kaushik, Bocah 8 Tahun yang Kalahkan Grandmaster Catur

"Saya tidak menyangka bahwa pemberitaan tentang GothamChess dan Dewa_Kipas akan sebesar ini."

Dilanjutkan Irene dalam suratnya, dia sangat mengapresiasi publikasi catur seperti apa yang dilakukan Deddy, karena menjadi suatu keuntungan bagi para pecatur. Akan tetapi, dia mengaku, selalu memegang nilai-nilai kebenaran, dan ksatria seperti makna permainan catur.

Momen Anies Main Catur Lawan Warga: Menang, Skak Mat dengan Kuda Hitam

"Kita, saya, dan Mas Deddy, sebagai public figure yang bisa membentuk opini masyarakat harus bersama-sama memberitakan berita yang benar untuk membangun karakter bangsa ini dan nilai-nilai kejujuran."

Irene menambahkan, kejadian ini sudah merugikan banyak pihak. Bahkan, kepopuleran dari kancah catur yang dia dapatkan tidak sebanding dengan rasa malunya dan teman-teman pecatur nasional lainnya di mata internasional.

"Seakan-akan citra positif dan prestasi yang kami bangun susah payah untuk Tanah Air, Indonesia yang sangat saya cintai ini sirna karena dampak negatif dari pemberitaan yang berkembang."

Di pengujung surat, Irene meminta Deddy untuk sama-sama membahas pertandingan tersebut agar tidak berdampak pada para pecatur profesional Indonesia.

"Jikalau Mas Deddy berkenan, mari luruskan hal ini agar tidak berimbas terlalu dalam bagi kami patriot-patriot catur Indonesia."

Sebelumnya, nama Dewa_Kipas atau Dadang Subur melejit usai berseteru dengan YouTuber GothamChess. Dadang dituduh berbuat curang saat mengalahkan Levy Rozman karena bisa menang dengan akurasi yang hampir 100 persen.

Chess.com kemudian memblokir akun Dewa_Kipas milik Dadang, pada 2 Maret 2021. Setelah itu, nama Dadang jadi pebincangan warganet Indonesia di media sosial hingga diundang ke podcast Deddy Corbuzier.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya