Olimpiade 2032, Indonesia Minta Dukungan dari Negara ASEAN

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Pemerintah Indonesia meminta dukungan dari sejumlah negara untuk menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade pada tahun 2032 mendatang. Keyakinan mengajukan diri sebagai tuan rumah lantaran Indonesia pernah sukses menjadi tuan rumah penyelenggaran Asian Games dan Asian Paragames 2018 silam.

Tinjau Latihan Timnas Indonesia U-19, Menpora Sampaikan Pesan Presiden

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan saat ini pemerintah Indonesia masih melakukan komunikasi dengan negara-negara lain agar mendukung Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade 2032 mendatang. Bahkan, ia juga melakukan kampanye untuk dukungan sebagai tuan rumah ajang olahraga tersebut di negara kawasan Asia Tenggara.

"Kita kampanye ke negara-negara ASEAN untuk kita ajak bersama. Kalau negara di Asia sudah ada seperti China, Jepang dan Korea tapi yang ASEAN belum. Mudah-mudahan kita dianggap dan mewakili ASEAN," kata dia di sela-sela meninjau penerapan Prokes di Pelatnas NPC di Hotel Sahid Kusuma Solo, Minggu 18 April 2021.

Menpora Temui PSSI dan STY Bahas 2 Pemain yang Segera Dinaturalisasi

Selain Indonesia, menurut Menpora, negara yang berkeinginan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade 2032 adalah Australia. Kini negara tersebut mengajukan Kota Brisbane untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang olahraga internasional di dunia.

"Yang sudah pasti itu Australia dan ini mau mau mengajukan sebagai tuan rumah cuma kotanya yang berbeda di Brisbane. Kalau sebelumnya itu di Sydney dan sebelumnya lagi di Melbourne," ucapnya.

Demi Sukseskan DBON, Menpora Teken MoU dengan SIWO pada HPN 2022

Ia pun mengaku optimistis Indonesia bisa menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade pada 2032, sebab pernah memiliki pengalaman menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games dan Asian Paragames. Menurutnya, perhelatan pertandingan olahraga tingkat Asia itu diklaim memiliki venue yang lebih banyak dibandingkan Olimpiade.

"Untuk venue tidak ada masalah karena Olimpiade itu tidak sebanyak Asian Games. Yang banyak pun kita sudah pernah dan saya kira mudah-mudahan itu menjad pertimbangan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade," harapnya.

Seperti diketahui Indonesia pertama kali menyampaikan keinginannya menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 pada 1 September 2018 atau satu hari sebelum penutupan Asian Games 2018. Selanjutnya keseriusan pemerintah Indonesia saat Presiden Jokowi memerintahkan membentuk komita khusus persiapan menghadapi proses bidding tuan rumah Olimpiade 2032

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya