Indonesia Cari Ambassador dan Influencer untuk Olimpiade Tokyo 2020

Ketua Umum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Penyelenggaraan Olimpiade di masa pandemi COVID-19 menuntut Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) berpikir kreatif menyemarakkan euforia pesta olahraga terakbar empat tahunan sedunia ini agar sampai ke Tanah Air. Di antaranya menyiapkan Ambasador Merah Putih hingga menggandeng influencer serta key opinion leader (KOL) untuk mendukung perjuangan Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, 23 Juli-8 Agustus 2021.

Media Asing Gak Yakin Timnas Indonesia Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024: Mereka Tak Diunggulkan

Presiden NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari menjelaskan cara tersebut diambil agar kepentingan Merah Putih bisa terdistribusi secara masif dan dapat sampai ke seluruh lapisan masyarakat. Indonesia berencana menyampaikan banyak misi di Olimpiade Tokyo, mulai perjuangan atlet di Olimpiade hingga kesiapan menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

“Kami tidak mau berjuang sendirian. Kami akan libatkan semua pihak untuk peduli dan terlibat langsung membantu perjuangan atlet Indonesia dan kepentingan-kepentingan Indonesia,” kata Okto, sapaan karib Raja Sapta dalam rilis yang diterima VIVA.

Pebulutangkis Jepang Kento Momota Putuskan Pensiun

Olimpiade Tokyo akan menjadi pesta olahraga yang berbeda dari biasanya. Sebab, penyelenggaraan edisi ke-32 ini diadakan dengan format luar biasa (ekstraordinary) menyesuaikan adaptasi kebiasaan baru pada masa COVID-19.

Panitia Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade 2020 Tokyo (TOCOG) juga sudah menetapkan regulasi superketat, di antaranya tidak mengizinkan penonton luar negeri datang menyaksikan Olimpiade Tokyo.

Anindya Bakrie Rapat dengan NOC Prancis dalam Rangka Persiapan Olimpiade 2024

Untuk itu, kata Okto, Ambassador Merah Putih, influencer serta KOL ini yang akan menjadi mata bagi masyarakat Indonesia di Negeri Sakura.

“Tugas Ambasador Merah Putih membangun komunikasi. Dia menyampaikan kepentingan Indonesia agar dapat lebih diketahui secara masif lagi oleh masyarakat di Tanah Air, misalnya menyebarkan kabar tentang Tim Indonesia. Mereka menjadi mata masyarakat Indonesia di Olimpiade” ujar pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua dan Ketua Harian Konfederasi Balap Sepeda Asia (ACC).

Lantas apa saja kriteria yang ditetapkan NOC Indonesia untuk menunjuk Ambassador Merah Putih?

“Pertama harus suka dan memiliki concern terhadap olahraga. Selanjutnya, mereka yang terlibat juga harus memiliki followers yang banyak di media sosial agar pesan perjuangan atlet-atlet Indonesia ini sampai ke seluruh masyarakat yang berada di Tanah Air,” ujar Okto.

Ia menjelaskan, NOC Indonesia sudah mengantongi beberapa nama yang pantas menjadi kandidat Ambassador Merah Putih, influencer hingga KOL yang akan diajak bekerja sama. Saat ini, NOC Indonesia sudah memasuki tahap seleksi dan akan diumumkan menjelang keberangkatan Kontingen Indonesia.

“Mungkin kami umumkan sekitar akhir Mei atau awal Juni,” tambah Okto.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya