Keganasan Siman Sudartawa Sudah Kembali

Perenang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/INASGOC/Widodo S Jusuf/Spt/18.

VIVA – Atlet renang andalan Indonesia, Siman Sudartawa dinilai sudah kembali dalam performa terbaiknya setelah absen selama selatuh karena pandemi virus Corona COVID-19.

Kolaborasi Akuatik Indonesia dengan Komunitas Renang Indonesia di Festival OWS Bali

Renang dan cabang olahraga lainnya setahun kebelakang memang seperti mati suri. Banyak kejuaraan yang ditunda sepanjang 2020

Atlet-atlet pun kesulitan menjalani latihan maksimal lantaran protokol kesehatan ketat yang diterapkan di semua negara.

Anggota TNI Serda Archia Febra Raih Penghargaan Usai Taklukan Selat Sunda Sejauh 39 Kilometer

Kini, sejumlah kegiatan sudah kembali berdenyut lagi, dan tim renang Indonesia juga sudah mulai berlatih untuk persiapan Olimpiade 2020 yang ditunda ke tahun ini.

Photo :
  • Siman
Munasus PB Akuatik Indonesia Bahas Perubahan Nama

Siman sudah masuk pemusatan latihan 5 Januari lalu. Bersama rekan-rekannya Triady Fauzi, Glen Victor Susanto, Fadlan Prawira, Farrel Armandio Tangkas, dan Azzahra Permatahani.

Pelatih nasional Albert Sutanto menjelaskan, fokus utama dari latihan yang diterapkan untuk Siman adalah menjaga kebugaran.

Siman pun ikut dalam kejuaraan resmi yang diselenggarakan oleh Pengurus Provisi DKI Jakarta pada tanggal 29 Maret – 1 April kemarin. 

Latihan demi latihan dijalani oleh Siman, tanpa melupakan asupan nutrisi yang harus dikonsumsi agar kondisi badan tetap stabil dan fit. 

Berkat bantuan dari ahli gizi olahraga dan juga Ajinomoto Indonesia, Siman semakin lebih siap dan percaya diri untuk menghadapi kejuaraan itu.

Buktinya, dia setelah melewati periode latihan ‘persiapan khusus’ di bulan Januari - Maret yang lalu Siman berhasil mencapai catatan waktu 25.64 detik.

Catatan itu bila dibandingkan dengan perolehan hasil SEA Games di akhir tahun 2019 lalu sudah melebihi catatan waktu peraih medali perak saat itu yaitu Quah Zheng Wen dari Singapura 25.65 s. 

Hal ini menandakan program latihan Siman berjalan sesuai dengan rencana walaupun program Training Camp yang rencananya akan diadakan di Australia terkendala dengan situasi pandemic saat ini.

"Secara keseluruhan, hasil yang diperoleh Siman dari kejuaraan tersebut sudah sesuai dengan rencana latihan. Semoga hasil ini dapat meningkat sesuai dengan program kepelatihan yang sudah direncanakan," kata Albert.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Tentunya hal ini bisa dicapai dengan penyeimbangan program latihan dan pola nutrisi yang seimbang untuk mencapai performa terbaik. Kemampuan renangnya sudah kembali dan diharapkan bisa lebih baik,"  sambungnya.

Nah, pola nutrisi seimbang bukan hanya untuk atlet namun juga untuk semua orang. Mari mulai pola hidup bernutrisi seimbang yang sesuai dengan aktivitas kita sehari - hari di www.kachimeshi-indonesia.com

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya