Janji Manis Luhut Binsar Panjaitan Lepas Zohri ke Uji Coba Olimpiade

Ketua Umum PB PASI, Luhut Binsar
Sumber :
  • VIVA / Robbi Yanto

VIVA – Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia ( PB PASI) akan mengirim dua atlet nasional asal Nusa Tenggara Barat yaitu Lalu Muhammad Zohri dan Sapwaturrahmah untuk mewakili Indonesia dalam ajang uji coba Olimpiade Tokyo 2021.

Indonesian Government to Provide Incentive for Apple Investment

Ajang itu bakal berlangsung pada 9 Mei di National Stadium Tokyo. Zohri akan diikutkan pada nomor lari 100 meter, sedangkan Sapwaturrahmah akan tampil di nomor lompat jauh.

Sebelum berangkat menuju Negeri Matahari Terbit, dua atlet andalan Indonesia itu mendapatkan dukungan penuh dari Ketua Umum PASI, Luhut Binsar Panjaitan.

Luhut Sebut Apple Juga Sangat Tertarik Investasi di IKN

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman hadir langsung melihat persiapan Zohri dan Sapwaturrahmah, serta proses latihan Atlet Paelatnas Atletik di Stadion Madya, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Senin 3 Mei 2021.

Luhut mengatakan, Zohri dan Sapwatturahman punya potensi untuk bersinar. Menurutnya, Zohri yang punya catatan waktu terbaik 10,03 detik di nomor 100 meter, bisa masuk ke babak semifinal Olimpiade.

Menko Luhut Siap Beri Insentif ke Apple Agar Mau Berinvestasi di RI

Sementara Sapwatturahman memiliki catatan 8,09 meter. Catatan itu didapatnya saat Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, dan hanya selisih sedikit dari limit Olimpiade 8,22 meter.

"Mereka akan ke Jepang besok malam dalam rangka persiapan Olimpiade, Lalu punya kecepatan 10,03, saya suka nonton pertandingan dunia, menurut saya dia bisa masuk semifinal," kata Luhut.

Luhut kemudian mengimingi-imingi Zohri dan Sapwatturahman dengan bonus jika keduanya bisa tampil maksimal di ajang uji coba Olimpiade itu. Bonus besar sudah sudah disiapkan Luhut untuk mereka.

"Saya yakin Zohri bisa masuk semifinal. tapi kalau dia bisa bikin di bawah 10 detik, akan kita kasih bonus lah. Karena ini pertama juga untuk Indonesia ada di bawah 10 detik," jelasnya

“Sapwaturrahmah, dia 8,09 masih ada sedikit lagi yang harus dikejar. Kalau kita liat data di Jepang, ya segitu rata-rata. Saya kira kita bisa mendorong mereka bisa. Nanti mereka akan kita kasih bonus," ucapnya.

Di sisi lain, Kompetisi uji coba bertajuk Continental Tour Gold Tokyo 2021ini akan melombakan 11 nomor untuk putra, yaitu sprint 100m, 200m, 400m, 5.000m, lari gawang 110m dan 400m, 3.000m steeplechase, lompat jauh, lompat tinggi, lempar lembing, dan lompat galah.

Serta enam nomor pada sektor putri yaitu lari 1.500m, 5.000m, lari gawang 100m, 3.000m steeplechase, lompat jauh, dan lompat galah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya