Kickboxing Indonesia Target Medali Emas di SEA Games 2021

Seleknas Kickboxing Indonesia
Sumber :
  • Dok. PB KBI

VIVA – Pengurus Pusat Kickboxing Indonesia (PP KBI) menargetkan raihan medali emas pada SEA Games 2021 di Vietnam. Mereka punya target itu berdasarkan ajang sebelumnya.

Dulu Atheis, Mantan Atlet Kickboxing Jadi Mualaf dan Sumbang Makanan ke Palestina

Pada penampilan perdananya di SEA Games 2019 Filipina, kickboxing Indonesia berhasil menyabet dua medali perak dan enam perunggu. Itulah mengapa kini emas yang jadi targetnya.

"Di SEA Ganes Hanoi 2021 nanti, kita ingin medali perak itu berubah menjadi medali emas. Prinsipnya, kita ingin melebihi prestasi di Filipina dulu," kata Ketua Umum PP KBI, Ngatino yang didampingi Bendahara PP KBI, Karan Sukarno Walia di Jakarta, Senin 10 Mei 2021,

Kejurda Kickboxing Sumut 2023 Digelar, Hadiah Rp100 Juta Menanti Atlet Berprestasi

Ngatino tak memungkiri target tersebut akan dapat hambatan. Karena tuan rumah Vietnam pasti juga punya strategi untuk mengalahkan Indonesia.

Agar persiapan maksimal, PP KBI menjalankan Seleksi Nasional (Seleknas) di Jakarta pada 5-6 April 2021 lalu. Ada 11 nomor yang dipertandingkan dan diikuti 70 atlet, dengan rincian 55 putra, dan 15 putri.

Tim Kickboxing DKI Jakarta Perlu Pemusatan Latihan di Belanda Jelang PON 2024

"Sebanyak 70 atlet kickboxing yang mengikuti seleknas itu merupakan hasil seleksi dari 200 ratusan lebih rekaman video yang masuk. Kita menjalankan program seleksi melalui rekaman video ini karena situasi pandemi COVID-19," ungkap Ngatino.

Kini ada 11 juara yang dipastikan bakal menghuni Pelatnas kickboxing Indonesia. Untuk menambah persaingan, para runner up di setiap kelas juga diajak bergabung.

"Di tengah pandemi COVID-19 ini kan sangat minim event internasional yang bisa diiikuti. Makanya, kita harus membuat sistem promosi dan degradasi dalam pelatnas sehingga terjadi kompetisi yang bisa melahirkan atlet kickboxing terbaik," tutur Ngatino.

Seleknas kickboxing 2021 yang digelar tanpa penonton dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Seluruh panitia, atlet dan ofisial menjalani test swab antigen terlebih dulu pada saat kedatangan dan langsung menjalani karantina di hotel.

Untuk memastikan tidak ada penumpukan atlet di tempat pertandingan, panitia menerapkan seluruh atlet tetap berada di kamar masing-masing dan hanya turun ke tempat pertandingan saat dapat panggilan.

Daftar Juara Seleknas Kickboxing :
1. Full Contact – Male 51 Kg : Aprilando Rumahpasal (DKI Jakarta)
2. Full Contact – Male 57 Kg : Andryawan Darmita (DKI Jakarta)
3. Full Contact – Male 67 Kg : Firman Muharram Syach (Jawa Tengah)
4. Full Contact – Female 51 Kg : Putri CL Van Beren (Sulawesi Utara)
5. Full Contact – Female 57 Kg : Diska Yolihani (Lampung)
6. Low Kick – Male 54 Kg : Muhamad Zainur Anwar (Jawa Tengah)
7. Low Kick – Male 60 Kg : Brian AF Lawitan (Sulawesi Utara)
8. Low Kick – Male 63 Kg : Rahul Pinem (DKI Jakarta)
9. Low Kick – Female 48 Kg : Cikal Farrah Labita (Lampung)
10. Low Kick – Female 54 Kg : Dwi Ani Retno (Jawa Tengah)
11. Low Kick – Female 60 Kg : Putri Padmi Nurjayanti (DKI Jakarta)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya