Azzahra dan Fadlan Wakili Indonesia ke Olimpiade Tokyo

Perenang putri Indonesia, Azzahra Permatahani
Sumber :
  • PRSI

VIVA – Perenang putra Aflah Fadlan Prawira dan perenang putri Azzahra Permatahani menjadi wakil Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade 2020 Tokyo pada cabang olahraga renang. 

Media Asing Gak Yakin Timnas Indonesia Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024: Mereka Tak Diunggulkan

Baik Fadlan dan juga Azzahra mengumpulkan FINA poin tertinggi, usai seleksi tahap akhir pada Indonesia Olympic Trial (IOT) yang berlangsung di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno Jakarta, 19-20 Juni 2021. 

PB PRSI dibawah kepemimpinan Ketua Umum Anindya N Bakrie, menggelar IOT atas persetujuan FINA (Federasi Renang Dunia), karena para perenang Indonesia tidak bisa mengikuti kompetisi di luar negeri akibat pandemi. Beberapa event kualifikasi dibatalkan seperti Malaysia Open dan Japan open yang hanya boleh diikuti perenang lokal saja. 

Pebulutangkis Jepang Kento Momota Putuskan Pensiun

Pada Indonesia Olympic Trial ini, diharapkan para perenang bisa menembus limit-A maupun limit-B yang ditetapkan FINA. Dari IOT ini pula, bisa terpilih dua perenang Indonesia melalui mekanisme universality atau jatah wild card untuk bisa berlaga di Olimpiade 2020 Tokyo. Dua perenang yang berhak mendapat wild card adalah perenang yang punya FINA poin tertinggi termasuk Kejuaraan Dunia Renang  2019 di Gwangju. 

Photo :
  • PRSI
Anindya Bakrie Rapat dengan NOC Prancis dalam Rangka Persiapan Olimpiade 2024

"Event Indonesia Olympic Trial ini untuk mencari siapa wakil Indonesia yang bisa lolos Olimpiade. Untuk Limit-A yang bisa lolos otomatis, belum ada yang menembusnya. Namun untuk jatah universality atau wild card, dalam rapat federasi kita memutuskan untuk mengirim Fadlan dan Azzahra setelah mencermati FINA poin tertinggi," ujar Wakil Ketua Umum II PB PRSI, Reswanda T. Ade. 

Fadlan Prawira perenang yang lolos Olimpiade ini mengaku gembira, bisa bertanding di Olimpiade. Fadlan merupakan perenang spesialis jarak jauh dengan spesialisasinya gaya bebas di nomor 400 M, 800 M dan 1500 M serta 400 M gaya ganti. 

"Sejak awal berkarier sebagai perenang, terus terang mimpi saya salah satunya adalah bisa berlaga di Olimpiade. Alhamdulillah saya bisa berangkat ke Olimpiade. Di sisa waktu saat ini, saya akan membenahi beberapa kekurangan untuk bisa meningkatkan kemampun sehingga bisa meraih hasil terbaik di Olimpiade," papar Fadlan Prawira. 

"Yang pasti senang banget bisa lolos ke Olimpiade Tokyo di usia Azzahra yang masih muda. Saat ini karena pandemi, memang belum bisa mencatat waktu terbaik, namun di sisa waktu akan terus ditingkatkan baik dari tekhnik juga lainnya. Harapannya bisa memecahkan rekornas di Olimpiade pada nomor 200 meter gaya ganti putri," ujar Azzahra Permatahani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya