Dokter Wanita Raih Medali Emas Sirkuit Nasional Wushu Taolu 2021

Atlet Wushu, Dessy Indri Astuti
Sumber :
  • Dok. PB Wushu Indonesia

VIVA – Dessy Indri Astuti tampil di Sirkuit Nasional Wushu Taoulu Seri II/2021. Medali emas berhasil diraih oleh dokter wanita kelahiran 1990 tersebut.

Pj Gubsu Dorong Atlet Wushu Sumut Raih Prestasi di Kejuaraan IWAG 2023

Memperkuat Tim Wushu Sumatera Utara, Dessy terlihat begitu sempurna memperagakan jurus tangan kosong selatan (Nan Quan) secara sempurna.

Dengan mengantongi 9,50 poin, Dessy meraih medali emas mengalahkan Joceline Candra Kanti Tara dari Yogyakarta yang harus puas puas di urutan kedua dengan 9,47 poin. Menyusul Fayla Maharani Ningtyas dari Jawa Tengah dengan 9,46 poin mendapat perunggu.

Atlet Wushu Samuel Marbun Persembahkan Perak di Asian Games 2022

Di tengah kesibukannya menjalankan tugas sebagai dokter, Dessy mengaku tidak terganggu dengan statusnya sebagai atlet. Dia juga sedang menjalankan program latihan persiapan menuju PON Papua 2021 secara rutin. 


"Tidak ada masalah menjalankan profesi sebagai dokter dan juga atlet. Biasanya, saya menjalankan program latihan itu sore hari setelah habis dinas di rumah sakit," kata Dessy. 

Klasemen Medali Asian Games 2022: Indonesia Tertahan di Posisi 8, China Makin Unggul


"Alhamdulillah, dengan persiapan seadanya saya mampu meraih medali emas Nan Quan. Kunci keberhasilan itu dimulai dari niat, kerja keras dan doa," imbuhnya.

Soal target di PON Papua 2021, Dessy tidak mau menjanjikan muluk-muluk. Padahal, kariernya di wushu cukup bagus. 

Dia pernah tercatat sebagai peraih medali emas di Kejuaraan Dunia Wushu 2011 dan telah empat kali tampil pada pesta akbar olahraga empat tahunan nasional tersebut. 

Di PON Kalimantan 2008, Dessy meraih medali emas.  Kemudian, medali perunggu PON Riau 2012 dan perak pada PON Jawa Barat 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya