Kutukan Jepang Kuno Bayangi Olimpiade Tokyo?

National Stadium Tokyo, tempat pembukaan Olimpiade 2020
Sumber :
  • Japan Today

VIVA – Pada November 2019, tersiar kabar yang meresahkan bahwa tulang 187 tubuh manusia telah digali antara tahun 2013 dan 2015 dari lokasi pembangunan stadion Olimpiade baru di Tokyo. Ternyata area tempat venue dibangun adalah pemakaman Zaman Edo (1603-1868).

Cdm Indonesia Anindya Bakrie Ingin Pertahankan Tradisi Emas Olimpiade

Meskipun penemuan itu tidak terlalu mengejutkan karena situs pemakaman tua sering digali selama proyek infrastruktur berskala besar, hal ini sudah cukup untuk menghidupkan kembali legenda urban: kutukan Tokugawa.

Seperti dilansir dari Japan Times, sekitar 330.000 meter persegi tanah di Sendagaya saat ini di Shibuya Ward, dekat tempat fasilitas Olimpiade seperti stadion baru berdiri, dulunya milik garis keturunan utama keluarga Tokugawa, keturunan Keshogunan Tokugawa yang memerintah Jepang feodal.

SOIna Dapat Dukungan 'Senjata' Baru, Atlet Disabilitas Siap Harumkan Indonesia

Ketika keshogunan digulingkan pada tahun 1868, anggota klan diusir dari Kastil Edo dan dipindahkan ke Sendagaya, sebuah daerah di mana cabang Kishu dari Tokugawas tinggal. Di sinilah Pangeran Tokugawa Iesato, kepala pertama keluarga Tokugawa setelah keshogunan dibubarkan, menetap.

Seorang tokoh kuat dalam politik dan diplomasi Jepang, Iesato adalah presiden komite penyelenggara nasional untuk Olimpiade 1940, ajang yang tidak pernah terwujud karena pecahnya Perang Dunia II. Iesato meninggal pada tahun yang sama dengan turnamen yang seharusnya diadakan di Tokyo dan Sapporo. Kekayaan keluarganya pun dengan cepat menghilang. Tanah luas yang mereka miliki dibeli oleh pemerintah Tokyo pada tahun 1943.

Kisah Cinta Susy Susanti dan Alan Budikusuma, dari Raket Turun ke Hati

“Ketika berbagai masalah mulai meletus selama persiapan untuk Olimpiade 2020, saya mulai menggali sejarah daerah dan Olimpiade dan menemukan hubungan Tokugawa,” kata Yuki Yoshida, seorang penulis dan peneliti supranatural yang telah menulis artikel tentang apa yang disebut Kutukan Tokugawa.

“Tak perlu dikatakan, saya tidak berharap acara ini akan dilanda pandemi global.”

Seperti yang dikatakan Yoshida, ini merupakan perjalanan yang sulit bagi penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020. Stadion nasional baru, tempat tulang manusia ditemukan, menjadi pusat kontroversi selama awal pendiriannya karena ukuran dan harganya yang sangat besar.

“Setelah kehilangan tanah mereka, tragedi lain melanda Tokugawas pada tahun 1964, tahun Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade pertamanya,” kata Yoshida. “Itu melahirkan Terowongan Sendagaya, salah satu tempat paling angker di ibu kota.”

Terowongan Sendagaya di Tokyo.

Photo :
  • cdn-japantimes.com

Saat itu, kota sedang mengalami peningkatan infrastruktur yang belum pernah terjadi sebelumnya pada waktunya untuk Olimpiade. Sistem pembuangan limbah abad pertengahan sedang dirombak, jalan dan jalan raya baru diaspal, dan ribuan kantor dan tempat tinggal didirikan dalam upaya mengubah lanskap kota.

Sendagaya, rumah bagi Tokyo Metropolitan Gymnasium dan dekat stadion Olimpiade, juga dilakukan perubahan. Terburu-buru membangun jalan baru, pengembang memutuskan untuk menggali tanah milik kuil Senjuin. Ini adalah kuil keluarga cabang Kishu dari Tokugawa dan memiliki hubungan dekat dengan Oman-no-kata — selir Tokugawa Ieyasu, pendiri dan shogun pertama Keshogunan Tokugawa.

Proyek ini pun menghasilkan terowongan sepanjang 61 meter yang berada tepat di bawah pemakaman Senjuin. Laporan kejadian supranatural pun terjadi, sering melibatkan hantu perempuan dengan rambut panjang tergantung terbalik dari langit-langit terowongan.

Orang-orang juga mengaku menemukan sidik jari misterius di jendela mobil mereka setelah melewati terowongan. Victor Studio yang berdiri di dekat underpass juga dianggap berhantu, dengan ratapan yang tidak dapat dijelaskan juga kerap terekam.

Ada lebih banyak cerita. Dalam sebuah artikel yang dimuat di The Japan Times pada tahun 2014, penulis Robert Whiting mengatakan banyak fasilitas yang dibangun untuk Olimpiade 1964 ditempatkan di bekas tanah Tokugawa.

“Tokyo Prince Hotel, oleh Grup Seibu, yang memiliki seperenam dari seluruh real estat di Jepang, dibangun di atas tanah yang pernah menjadi tempat kuburan anggota keluarga Tokugawa. Bagian dari Zojoji, kuil shogun, terbakar selama World Perang II,” tulisnya.

“Pasca perang, Seibu Tsutsumis merebut banyak tanah dari mantan pangeran Kekaisaran yang kehilangan kepemilikan mereka karena pembersihan dan perpajakan GHQ (Markas Besar Umum, Panglima Tertinggi Sekutu). Sepanjang jalan, Seibu juga memperoleh bekas kuburan yang dikelola oleh Zojoji dan membangun Tokyo Prince Hotel tepat waktu untuk Olimpiade 1964.”

Bahkan Menara Tokyo yang ikonik, salah satu kakinya berdiri di tanah bekas kuburan, katanya. Ini disinyalir mengakibatkan kematian yang terjadi selama pembangunan menara pada kutukan Tokugawa.

Apakah legenda urban itu benar atau tidak, Tokyo 2020 telah menjadi event yang penuh gejolak dan diperparah oleh COVID-19. Dengan jumlah penonton yang terbatas dan semua acara tontonan publik di ibu kota dibatalkan, Olimpiade kali ini kemungkinan akan menjadi yang paling sunyi dalam sejarah modern turnamen ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya