Detik-detik Indonesia Raih Medali Pertama di Olimpiade Tokyo 2020

Lifter Indonesia, Windy Cantika Aisyah
Sumber :
  • twitter

VIVA – Tim Indonesia berhasil pecah telur di Olimpiade Tokyo 2020. Medali pertama dipersembahkan Windy Cantika Aisyah dari cabang angkat besi

Rizky Juniansyah Lolos ke Olimpiade 2024 Paris, Angkat Besi Punya 2 Wakil

Windy yang tampil di kelas 49 kg putri pada Olimpiade Tokyo 2020, berhasil meraih medali perunggu. 

Windy tergabung di Grup A berhadapan dengan lifter Cina, Zhi Hui Hao,24 tahun, Chanu Saikhom Mirabai (India, 27 tahun), Jourdan Elizabeth Delacruz (Amerika Serikat, 23 tahun), serta Nina Sterck (Belgia, 19 tahun).

Sabet Tiket Olimpiade 2024, Eko Yuli Irawan Bikin Sejarah Baru

Dalam pertandingan yang berlangsung di Hall Tokyo International Forum, Sabtu, 24 Juli 2021, Windy meraih angkatan 84 kg pada snatch. Angkatan ini menempatkannya di posisi keempat.

Dia kalah dari Zhi Hui Hou yang berhasil menorehkan angkatan snatch 94 kg. Kemudian Jourdan Elizabeth Delacruz (86 kg) dan Chanu Saikhom Mirabai (87 kg).

Belajar dari Cedera Eko Yuli Irawan, Indonesia Harus Punya Recovery Center

Beruntung pada angkatan clean and jerk, Windy berhasil membuat kejutan dengan mengangkat beban 108 kg. Total angkatan keseluruhan yakni 192 kg. hasil ini membuatnya  menyumbangkan medali perunggu bagi Indonesia.

Medali emas diraih atlet China, Hoi Zhihui. Sedangkan medali perak diraih atlet India, Saikom Mirabai Chanu.

Hoi Zhihui meraih total skor 210. Dia mencatat tiga rekor di Olimpiade. Yakni, rekor snatch, clean & jerk, dan total skor.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya