Klasemen Medali Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia Peringkat 10

Atlet angkat besi Indonesia, Windy Cantika Aisah.
Sumber :
  • https://twitter.com/Olympics

VIVA – Indonesia berada di peringkat ke-10 klasemen medali Olimpiade Tokyo 2020 hingga pukul 16:05 WIB. Indonesia untuk sementara memperoleh satu medali perunggu yang dihasilkan dari cabang angkat besi.

17 Atlet Indonesia Pastikan Tiket ke Olimpiade 2024, Berikut Daftarnya

Medali perunggu lahir berkat perjuangan Windy Cantika Aisah. Atlet 19 tahun itu tampil di kelas 49 kg.

Windy tergabung di Grup A berhadapan dengan lifter Cina, Zhi Hui Hao,24 tahun, Chanu Saikhom Mirabai (India, 27 tahun), Jourdan Elizabeth Delacruz (Amerika Serikat, 23 tahun), serta Nina Sterck (Belgia, 19 tahun).

Rizky Juniansyah Lolos ke Olimpiade 2024 Paris, Angkat Besi Punya 2 Wakil

Dalam pertandingan yang berlangsung di Hall Tokyo International Forum, Sabtu, 24 Juli 2021, Windy meraih angkatan 84 kg pada snatch. Angkatan ini menempatkannya di posisi keempat.

Dia kalah dari Zhi Hui Hou yang berhasil menorehkan angkatan snatch 94 kg. Kemudian Jourdan Elizabeth Delacruz (86 kg) dan Chanu Saikhom Mirabai (87 kg).

Sabet Tiket Olimpiade 2024, Eko Yuli Irawan Bikin Sejarah Baru

Beruntung pada angkatan clean and jerk, Windy berhasil membuat kejutan dengan mengangkat beban 108 kg. Total angkatan keseluruhan yakni 192 kg. hasil ini membuatnya  menyumbangkan medali perunggu bagi Indonesia.

Untuk medali  emas diraih atlet China, Hoi Zhihui. Sedangkan medali perak diraih atlet India, Saikom Mirabai Chanu. Hoi Zhihui meraih total skor 210. Dia mencatat tiga rekor di Olimpiade. Yakni, rekor snatch, clean & jerk, dan total skor.

Dikutip dari situs resmi Olimpiade, China untuk sementara berada di peringkat pertama dengan torehan 2 emas dan satu perunggu.

Selain dari angkat besi, medali emas datang dari cabang menembak 10 meter air rifle putri lewat Yang Qian. Sedangkan di posisi kedua Ekuador dan Iran dengan satu emas.

Ekuador meraih emas lewat Richard Antonio Carapaz dari cabang balap sepeda. Adapun Iran meraih emas lewat Javad Foroughi dari cabang menembak 10 meter air pistol putra

Klasemen medali Olimpiade Sabtu hingga pukul 16:05 WIB: 

1 China: 2 emas, 1 perunggu
2. Ekuador: 1 emas
2. Iran: 1 emas
2. Korea Selatan: 1 emas
5. Belgia: 1 perak
5. India: 1 perak
5. Belanda: 1 perak
5. Rusia: 1 perak
5. Serbia: 1 perak
10. Indonesia: 1 perunggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya