Profil Mirabai Chanu, Atlet India yang Dapat Pizza Gratis Seumur Hidup

Saikhom Mirabai Chanu
Sumber :
  • Twitter/Saikhom Mirabai Chanu

VIVA – Atlet angkat besi India, Mirabai Chanu Saikhom berhasil meraih medali perak nomor 49 kg putri pada Olimpiade Tokyo 2020.

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya

Olimpiade Tokyo 2020 Angkat besi Mirabai Chanu memenangkan medali perak dalam kategori 49kg putri di Olimpiade Tokyo pada hari Sabtu untuk mengakhiri penantian 21 tahun India untuk medali Olimpiade dalam disiplin. 

Pemain berusia 26 tahun itu mempersiapkan diri dengan keras untuk kompetisi empat tahunan itu dan bagian dari persiapannya termasuk diet ketat. 

Isuzu Pamer Teaser V-Cross Facelift, Meluncur Sebentar Lagi

Menariknya, ia mendapatkan bonus berupa makan pizza seumur hidup. Mirabai Chanu mengungkapkan hal pertama yang ingin ia lakukan setelah bersaing di Olimpiade Tokyo 2020 dengan memakan pizza.

Karena selama persiapan menuju Olimpiade Tokyo ia harus menjaga pola makannya. Percakapan tersebut terlihat saat Mirabai diwawancarai seorang presenter TV yang telah diunggah di akun youtube NDTV.

The Reasons Why Elon Musk Postpones India Visit

Hal tersebut direspons oleh waralaba pizza yang telah terkenal di dunia tersebut. Dalam akun Twitter resminya, waralaba pizza tersebut mempersilahkan Mirabai Chanu untuk makan pizza sepuasnya. Bahkan, Mirabai Chanu juga dapat menikmati makanan khas Italia itu secara gratis seumur hidup.
 
"Selamat karena telah membawa pulang medali. Anda membawa mimpi jutaan masyarakat India menjadi nyata dan kami akan dengan senang hati mentraktir Anda pizza seumur hidup. Selamat, sekali lagi
," tulis waralaba pizza tersebut dalam tweet.
 
Tak hanya pizza gratis, Mirabai Chanu juga bakal mendapat bonus lainnya. Ketua Menteri Manipur N Biren Singh mengumumkan pemerintah negara bagian akan memberikan penghargaan berupa uang tunai sebesar 1 crore atau sekitar Rp1,9 miliar.
 
Mirabai Chanu merupakan atlet India pertama yang berhasil meraih medali di Olimpiade Tokyo. Ia meraih perak nomor 49kg putri setelah menorehkan total angkatan 202kg dengan snatch 87kg dan clean and jerk 115kg.

Inilah profil Mirabai Chanu, lifter India yang mendapatkan pizza seumur hidup setelah meraih medali pada Olimpiade Tokyo

Saikhom Mirabai Chanu lahir pada 8 Agustus 1994. Ia merupakan seorang atlet angkat besi India. Dikutip dari situs olimpics.com, Chanu menulis sejarah dengan memenangkan medali perak pertama India dalam angkat besi di Olimpiade.

Atlet 26 tahun itu juga mendorong India ke posisi kedua dalam perolehan medali dengan pencapaian bersejarahnya. Berbicara tentang pencapaian, inilah sekilas tonggak sejarah utama Chanu di dunia angkat besi.

Dari mengangkat kayu bakar sebagai seorang anak untuk diangkat ke podium internasional, kisah angkat besi Saikhom Mirabai Chanu adalah salah satu kenaikan yang luar biasa.

Prestasi Mirabai Chanu

  • Mirabai Chanu menjadi terkenal di dunia internasional pada usia 20, ketika dia mengantongi medali perak dalam kategori 48kg di Commonwealth Games 2014 di Skotlandia.
  • Kemudian pada uji coba nasional untuk Olimpiade Rio 2016, Mirabai Chanu memecahkan rekor nasional berusia 12 tahun yang dipegang oleh peraih medali kejuaraan dunia tujuh kali Kunjarani Devi untuk memesan tempatnya di tim India untuk Olimpiade.
  • Selain rekor, total 192kgnya pada uji coba seleksi akan menempatkan Mirabai Chanu sebagai penantang medali di Olimpiade Rio.
     
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya