Update Klasemen Olimpiade 2020, Indonesia Peringkat Berapa?

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon
Sumber :
  • Instagram: All England

VIVA – Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjadi atlet Indonesia yang terakhir berlaga pada hari ketiga Olimpiade 2020, Senin 26 Juli 2021.

Greysia Polii Masuk Jajaran Komite Eksekutif NOC Indonesia

Ganda putra peringkat dua dunia itu berhasil menumbangkan wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik pada laga kedua Grup D cabang bulutangkis di Musashino Forest Sport Plaza, Senin sore WIB, 26 Juli 2021.

Tak butuh waktu lama, Ahsan/Hendra memetik kemenangan 21-16, 21-19 dalam laga berdurasi 34 menit. Kemenangan juga didapat ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Klasemen Medali Asian Games 2022: Indonesia Tertahan di Posisi 8, China Makin Unggul

Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Photo :
  • badmintonindonesia.org

Mereka mengalahkan pasangan India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dan memastikan tempat di babak perempatfinal.

Klasemen Medali Asian Games 2022: China di Puncak, Indonesia Posisi 8

Langkah Mnions juga diikuti Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri), serta Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (ganda campuran).

Pada hari ketiga Olimpiade Tokyo 2020, Atlet Indonesia belum menghasilkan medali tambahan, karena memang masih menjalani fase penyisihan dan babak perempatfinal.

Tak sedikit pula atlet Indonesia yang berguguran pada tahap ini. Contohnya di nomor panahan beregu. 

Tampil di babak eliminasi 1/8 di Yumenoshima Final Field, panahan Indonesia yang diwakili Riau Ega Agatha, Arif Dwi Pangestu, dan Bagas Prastyadi dikalahkan tim Inggris Raya 0-6.

Selain itu dari cabang selancar. Peselancar Indonesia, Rio Waida, gagal melaju ke babak keempat atau perempatfinal usai dikalahkan dikalahkan atlet tuan rumah, Kanoa Igarashi.

Dalam pertandingan yang digelar di Tsurigasaki Surfing Beach, Rio yang berada di heat 1 sebenarnya sempat tampil menjanjikan di awal.

Dia mampu tampil stabil di atas papan selancarnya sembari mengeluarkan kemampuannya guna mengumpulkan poin.

Rio bahkan sempat unggul poin atas Igarashi. Namun, saat penghitungan wave pertama, wakil Merah Putih hanya mengumpulkan 6,17 poin. Tertinggal 1,83 angka dari Igarashi yang mengoleksi 8,00 poin.

Tertinggal, Rio berupaya untuk mengejar angka di wave kedua. Sial, lagi-lagi performanya kurang memikat hati juri sehingga hanya bisa menorehkan 5,83 angka.

Sementara, Igarashi berhasil mengumpulkan 6,00 angka. Total, peselancar Jepang mengoleksi 14,00 poin. Sedangkan, Rio tertinggal dua angka dengan 12,00 poin.

Lantas berada di posisi berapakah Indonesia kini dalam klasemen Olimpiade? Setelah gagal meraih tambahan medali pada hari ketiga, Indonesia tercecer di peringkat ke-25 dengan raihan 1 perak dan 1 perunggu.

Eko Yuli Irawan raih perak di Olimpiade Tokyo 2020

Photo :
  • Tangkapan layar

Adapun perak dipersembahkan  Eko Yuli Irawan dari cabang angkat besi kelas 61 kg pada hari kedua, Minggu 25 Juli 2021.

Sementara medali perunggu juga datang dari angkat besi melalui lifter putri asal Bandung, Windy Cantika Aisah. Dia turun di kelas 49 kg dan membuat total Angkatan 194 kg.

Sedangkan posisi puncak klasemen saat ini dikuasai Amerika Serikat dengan total 14 medali (7 emas, 3 perak, dan 4 perunggu).

Di tempat kedua ada tuan rumah Jepang dengan 7 emas, 1 perak dan 3 perunggu. China yang pada hari kedua memuncaki klasemen ada di peringkat ketiga dengan 6 emas, 3 perak, 6 perunggu.


Klasemen Medali Olimpiade 2020 Tokyo Hari Ketiga, Senin 26 Juli hingga pukul 19:30 WIB:

1. Amerika Serikat: (7 emas, 3 perak, 4 perunggu)
2. Jepang: (7 emas, 1 perak dan 3 perunggu)
3. China: (6 emas, 3 perak, 6 perunggu)
4Korea Selatan: (3 emas, 4 perunggu)
5 Inggris Raya: (3 emas, 2 perak, 1 perunggu)
6. Rusia: (2 emas, 5 perak, 3 perunggu)
7. Australia: (2 emas, 1 perak, 3 perunggu)
8. Kosovo: (2 emas)
9.Italia: (1 emas, 3 perak, 4 perunggu)
10. Prancis: (1 emas, 2 perak, 2 perunggu)
25. Indonesia: (1 perak, 1 perunggu)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya