Simone Biles Mundur dari Olimpiade Tokyo Demi Kesehatan Mental

Pesenam Amerika Serikat, Simone Biles
Sumber :
  • twitter.com/Olympics

VIVA – Superstar senam asal Amerika Serikat, Simone Biles dipastikan mundur dari nomor all around Olimpiade Tokyo 2020. Keputusan ini sudah diumumkan secara resmi pada Rabu 28 Juli 2021.

Kisah Atlet Aljazair dan Sudan Tolak Tanding Lawan Israel di Olimpiade 2020

Simone adalah peraih empat medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Dia juga baru saja mendapatkan medali perak dari nomor beregu putri.

Tapi dalam beregu putri itu, Simone tidak tampil. Dia mengalami cedera di menit akhir sebelum pertandingan, sehingga harus digantikan pesenam lainnya.

Bukti Keseriusan Greysia Polii Terjun di Dunia Bisnis Fashion

Federasi Senam Amerika Serikat mengonfirmasi kepada panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020, jika Simone tidak akan berpartisipasi dalam final all around putri yang sedianya berlangsung Kamis 29 Juli 2021. Keputusan ini merupakan hasil evaluasi tim.

"Setelah evaluasi medis lebih lanjut, Simone Biles telah mengundurkan diri dari kompetisi all around individu Olimpiade Tokyo untuk fokus pada kesehatan mentalnya," demikian dikutip dari laman resmi Olimpiade.

Kaleidoskop 2021: Emas Olimpiade Greys/Apri hingga Gelar Piala Thomas

Amerika Serikat kemudian memilih Jade Carey untuk menggantikan Simone pada all around individu nanti.

Masih ada jadwal beberana nomor yang mesti dijalani Simone pekan depan. Tapi kontingen Amerika Serikat belum bisa memastikan apakah sang pesenam bisa turun.

Mereka harus melakukan evaluasi rutin terlebih dulu untuk memastikan kondisi Simone. Tapi, apa pun nanti keputusan pesenam berusia 24 tahun tersebut, mereka akan mendukung penuh.

"Simone akan terus dievaluasi setiap hari untuk menentukan apakah akan berpartisipasi dalam final individu pekan depan atau tidak."

"Kami dengan sepenuh hati mendukung keputusan Simone dan memuji keberaniannya dalam memprioritaskan kesejahteraannya. Keberanianya menunjukkan mengapa dia layak jadi panutan bagi banyak orang."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya