Marcell Jacobs, Manusia Tercepat di Dunia Penerus Usain Bolt

Sprinter asal Italia, Marcell Jacobs.
Sumber :
  • /twitter.com/Tokyo2020

VIVA – Sejarah terjadi di Olympic Stadium, Tokyo, Minggu 1 Agustus 2021. Status manusia tercepat di dunia yang sebelumnya milik sprinter asal Jamaika Usain Bolt resmi berganti pemilik.

Sport Centre Sumut Target Rampung Juli 2024, Ini Pesan Menko PMK

Sprinter asal Italia, Lamont Marcell Jacobs sukses merebut medali emas di cabang atletik nomor 100 meter putra. Dia meraih catatan 9,80 detik.

Olimpiade Tokyo 2020 menjadi kali pertama tidak dihadiri Usain Bolt sejak Olimpiade Athena 2004. Bolt memutuskan pensiun pada 2017 dan kini Jacobs resmi menjadi penerus Bolt.

4 Fakta Kelvin Kiptum Pemenang London Marathon Meninggal Dunia karena Kecelekaan

Catatan 9,80 detik merupakan rekor untuk sprinter Eropa. Jacobs menjadi sprinter pertama Eropa yang merebut emas Olimpiade sejak Linford Christie (Britania Raya) pada Barcelona 1992. Dia juga menjadi sprinter Italia pertama yang menjadi juara sejak Pietro Mennea merebut emas di nomor 200 meter di Moskow 1980.

Profil Kelvin Kiptum, Pelari Marathon Pemegang Rekor Dunia yang Meninggal di Usia 24 Tahun

Sementara itu, medali perak diraih sprinter Amerika Serikat Fred Kerley dengan catatan waktu 9,84 detik. Andre De Grasse (Kanada) merebut perunggu dengan waktu 9,89 detik.

Jacobs yang lahir di Texas, Amerika Serikat sangat bangga dengan pencapaian ini. Sebelumnya, medali emas nomor 100 meter selalu direbut Usain Bolt di Olimpiade Beijing 2008, London 2012, dan Rio 2016.

"Saya tidak tahu, ini mimpi. Ini mimpi, ini fantastis. Mungkin besok saya bisa membayangkan apa yang mereka katakan, tapi hari ini luar biasa," kata Jacobs dilansir situs resmi Olimpiade.

"Ini adalah impian masa kecil saya untuk memenangkan Olimpiade. Jelas mimpi bisa berubah menjadi sesuatu yang berbeda. Bisa tampil di final dan menjadi juara adalah mimpi yang menjadi kenyataan," tegasnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya