Biografi Atlet Belanda Keturunan Jawa, Ranomi Kromowidjojo

Ranomi Kromowidjojo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Atlet perenang dari Belanda ini sangat menarik perhatian publik, Ranomi Kromowidjojo. Ia bertanding dalam Olimpiade 2021 pada 50 meter gaya bebas putri di Olimpiade Tokyo 2020. Ia merupakan Wanita atlet dari Belanda yang memiliki darah jawa.

Terus Menginspirasi Dunia, Buku Biografi Jokowi Berbahasa Spanyol Dirilis di Barcelona

Siapakah sosok atlet tersebut? Berikut biografi atlet Belanda keturunan Jawa, Ranomi Kromowidjojo

Profil singkat

Jadi Tokoh Inspiratif Dunia, Biografi Jokowi Tulisan Dirut PLN Terbit di Korea

Ranomi Kromowidjojo, merupakan atlet renang unggulan yang dimiliki Belanda. Ia dilahirkan di Sauwerd, kota kecil di Belanda, pada 20 Agustus 1990, Ranomi mempunyai darah keturunan Jawa dari ayahnya, Rudi Kromowidjojo.

Ayah Rudi Kromowidjojo, Kakek Ranomi merupakan orang Jawa yang punya darah Banyumas dan Probolinggo. Ranomi mengetahui silsilah keluarganya, hanya saja belum pernah mengunjungi tanah leluhurnya.

Elon Musk dan Grimes Kasih Nama Anak Ketiganya Techno Mechanicus

Nama Ranomi Kromowidjojo memang terlihat dari nama belakangnya yang identik dengan penamaan dari Suku Jawa. Ranomi Kromowidjojo memang asli keturunan Jawa, namun atlet berusia 30 tahun ini merupakan warga Belanda.

Ranomi pernah datang ke tanah air untuk mengisi sebuah acara di Indonesia 2018 lalu. Ia datang untuk menceritakan kisah suksesnya di bidang olahraga renang. Saat itu, Ranomi mengaku tak banyak memahami tentang tanah air nenek moyangnya.

Ayah Rudi, kakek Ranomi merupakan tenaga kuli perkebunan asal Jawa yang dibawa oleh pemerintah kolonial Belanda ke Suriname pada awal abad. Rudi yang dilahirkan di Suriname kemudian pindah ke Belanda dan menikah dengan gadis negeri tersebut, Netty Deemter.

Dari pernikahan Rudi dan Netty dikaruniai dua anak yaitu Ranomi Kromowidjojo serta saudara laki-lakinya, Chjanoy Kromowidjojo.

Pernah sakit meningtis

Dalam sebuah wawancara eksklusif Viva.co.id dengan Ranomi Kromowidjojo, ia mengatakan bahwa di tahun 2010 ia pernah terkena penyakit meningtis. Akibatnya ia harus berjuang melawan sakit itu. 

Namun ia tak mengingat bagaimana caranya ia mampu bertahan untuk bisa sembuh pada penyakit itu. Namun ia bersyukur bisa sembuh. Setelah 4 bulan, ia mampu memecahkan rekor pribadi dan menjadi peringkat pertama di dunia. Dan dia menjadi yang terbaik diseluruh dunia.

Prestasi Ranomi Kromowidjojo

Ranomi Kromowidjojo melakukan debut pertamanya dalam pertandingan Internasional ketika dirinya menjadi salah satu peserta di Kejuaraan Renang Eropa 2006 di Budapest. Saat itu Ranomi menjadi peserta estafet renang gaya bebas 4x100 meter.

Dia memperoleh gelar juara dalam Kejuaraan Renang Jarak Pendek Eropa pada tahun 2007, Kejuaraan Renang Eropa 2008, dan Kejuaraan Renang Jarak Pendek Dunia 2008.

Pada olimpiade 2008, ia memenangkan medali emas pada kejuaraan beregu. Dia mengatakan bahwa  ingin mendapatkan juara secara individu 4 tahun kemudian. Ia berjuang pada tahun 2008 hingga 2012.

Olimpiade pada tahun 2008 lalu, tim estafet putri Belanda terdiri dari Inge Dekker, Ranomi Kromowidjojo, Femke Heemskerk, Marleen Veldhuis, Hinkelien Schreuder yang mampu mencatatkan rekor dunia baru.

Setelah mendapatkan medali emas beregu, ia Kembali meraih emas di Olimpiade 2012. Ia meraih medali emas di nomor perorangan, 50 meter gaya bebas di Ompiade London 2012. Di Olimpiade 2012 ia memenangkan dua medali sekaligus.

Atlet keturunan Jawa ini sudah beberapa kali meraih medali, termasuk medali emas untuk negaranya. Tercatat Ranomi Kromowidjojo telah mengumpulkan 37 medali emas, 20 perak, dan 12 perunggu level internasional.

Ia mengatakan bahwa meskipun terkena musibah, ada masalah kesehatan atau masalah lainnya, sangat penting untuk tetap percaya diri, terus berusaha dan bekerja keras. Jangan pernah berhenti bermimpi. Hal itu ia katakana saat wawancara eksklusif dengan Viva.co.id pada 2018 silam.

Dukungan dari orangtua

Orangtua saya adalah orang yang paling spesial dalam hidupnya, Ranomi mengatakan bahwa mereka selalu mendukung. Bahkan ketika setiap dalam pertandingan dan memenangkan kejuaraan , mereka ada untuk merayakannya.

Tidak hanya selalu mendukung saat dirinya menang, dikatakan bahwa ketika terkena musibah, kalah dalam pertandingan, di momen ini orangtua Ranomi selalu ada mendukungnya.

Kesulitan memanggil namanya saat di sekolah

Ranomi juga pernah bercerita tentang sulitnya memiliki nama yang mengandung unsur Jawa dilingkungan masyarakat Belanda. Sejak kecil, di saat sekolah atau di tempat lainnya, orang selalu kesulitan untuk membaca K-Romo-Wi-djo-jo.

Bahkan pada beberapa perlombaan yang ia ikuti, ketika akan mengumumkan pemenang masih ada juga yang bertanya kepadanya, bagaimana cara membaca namanya.

Biodata Ranomi Kromowidjojo

  • Nama Lengkap: Ranomi Kromowidjojo
  • Profesi: Atlet renang
  • Tempat Lahir: Sauwerd, Belanda
  • Tanggal Lahir: Senin, 20 Agustus 1990
  • Zodiak: Leo
  • Warga Negara: Belanda
  • Ayah: Rudi Kromowidjojo
  • Ibu: Netty Deemter

Itulah biografi seorang atlet Belanda yang memiliki keturunan Jawa. Ranomi Kromowidjojo berhasil meraih impiannya sebagai seorang atlet renang yang mendunia. Data diatas dihimpun dari berbagai sumber. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya