Perolehan Medali Indonesia di Olimpiade Rio 2016

VIVA Bulutangkis: Momen Debby Susanto cs saksikan Olimpiade Rio de Janeiro 2016.
Sumber :
  • Instagram: Debby Susanto

VIVA – Pertandingan Olimpiade Tokyo 2020 masih berlangsung hingga 8 Agustus 2021. Olimpiade merupakan acara olahraga internasional terbesar yang diikuti oleh ribuan atlet dari sekitar 200 negara, mempertandingkan cabang-cabang olahraga musim panas dan musim dingin.
    
Olimpiade ini diselenggarakan setiap empat tahun sekali. Penyelenggaraan Olimpiade Musim Panas dan Musim Dingin berselang dua tahun. Olimpiade modern pertama yang diadakan di bawah naungan Komite Olimpiade Internasional IOC berlangsung di Athena, Yunani, pada tahun 1896. Jika mengingat Olimpiade 4 tahun ke belakang pada tahun 2016, Indonesia berhasil meraih peringkat 46. 

Untuk Pertama Kali, Bintang Muda Manchester United Ini Dipanggil Timnas Inggris

Berikut perolehan medali Rio de Janeiro 2016 yang didapatkan Indonesia

Olimpiade Musim Panas 2016 bernama Games of the XXXI Olympiad, yang secara umum disebut Olimpiade Rio 2016. Olimpiade Rio 2016 adalah ajang olahraga internasional utama yang diselenggarakan di Rio de Janeiro, Brasil, dari tanggal 5 sampai 21 Agustus 2016.

10 Kota Paling Berbahaya di Dunia Bagi Wisatawan, Mayoritas Benua Merah

Olahraga ini diselenggarakan di stadion Maracana yang dibuka oleh Wakil Presiden interim Brasil, Michel Temer. Upacara pembukaan ditutup dengan penyulutan api dari obor ke kaldron di dalam stadion.

Olimpiade de Janeiro diikuti sebanyak 11,238 atlet. jumlah negara yang turut berpartisipasi sebanyak 207 negara, dimana tuan rumah Olimpiade ini Rio de Janeiro, Brasil. 

Pelatih Taekwondo dari Brimob Jambi Raih 10 Medali Emas Kapolri Cup

Amerika Serikat meraih gelar juara umum dengan perolehan sebanyak 121 medali. Amerika serikat menjadi satu-satunya negara yang meraih tiga digit medali pada Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. Mereka memenangkan 46 keping emas, 37 perak dan 38 perunggu. 

Sementara Inggris Raya menjadi posisi kedua dengan perolehan medali sebanyak 27 emas, 23 perak, dan 17 perunggu. Total mereka mampu membawa pulang sebanyak 67 medali.

Meski hanya menjadi runner up, ini merupakan prestasi terbaik Inggris dalam 108 tahun terakhir. Pasalnya, sejak Olimpiade London 1908, Inggris tidak mencapai jumlah medali sebanyak ini.

Olimpiade de Janeiro 2016 Indonesia meraih posisi ke-46 dengan perolehan satu medali emas dan dua perak. Emas Indonesia disumbangkan cabang bulu tangkis nomor ganda campuran atas nama Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Sementara dua medali perak disumbangkan oleh atlet angkat besi, Sri Wahyuni Agustiani dan Eko Yuli Irawan.

Sepasang pemain ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil menyumbangkan medali emas setelah menang atas wakil Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, tepat pada hari ulang tahun kemerdekaan, Rabu (17/8/2016).

Medali tersebut menjadi perolehan yang ke-30 untuk Indonesia sepanjang keikutsertaan pada ajang Olimpiade. Dari 30 medali tersebut, 19 di antaranya berasal dari cabang olahraga bulu tangkis.

Tuan rumah pada Olimpiade de Janeiro, Brasil meraih posisi ke-13 dengan total 19 medali. Raihan yang diperoleh yaitu 7 medali emas, 6 perak, dan 6 perunggu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya