Mudah, Ini Teknik Dasar Renang Gaya Bebas untuk Pemula

Ilustrasi lomba renang Asian Games 2018
Sumber :
  • ANTARA FOTO/INASGOC/Simon Lodge

VIVA – Berenang merupakan salah satu olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat. Berenang dapat kamu lakukan dengan beberapa gaya, jarak, sampai tingkat kesulitan tertentu.

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Apabila kamu merupakan seorang perenang pemula, maka disarankan untuk berenang dengan gaya bebas. Selain untuk berolahraga, berenang juga bisa dimanfaatkan untuk rekreasi bersama dengan keluarga.

Berenang dengan menggunakan gaya bebas memiliki banyak manfaatnya seperti untuk otot dan pernapasan. Selain itu, berenang gaya bebas juga dapat membantu kamu supaya bisa mahir dalam berenang dan menguasai teknik lainnya. Apabila dibandingkan dengan gaya lain, gaya bebas adalah gaya paling cepat dalam berenang.

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

Dalam sebuah olimpiade, renang gaya bebas dipertandingkan dengan jarak mulai dari 50 m, 100 m, 200 m, 400 m, 800 m, sampai 1500 m. Olahraga berenang juga merupakan salah satu olahraga bergengsi yang ada di dalam olimpiade. Sebab, olahraga ini merupakan salah satu olahraga yang berprestasi dan bisa menjaga Kesehatan.

Berenang dengan gaya bebas juga bisa membakar kalori tubuh dengan cepat dan juga bisa melatih otot tangan. Karena, gaya berenang ini mirip seperti gaya berenang binatang dan hampir sama dengan gaya dada dan gaya katak. Selain itu, untuk teknik pernapasan gaya bebas dilakukan dengan cara menoleh ke arah samping kanan atau kiri.

Kolaborasi Akuatik Indonesia dengan Komunitas Renang Indonesia di Festival OWS Bali

Lalu, bagaimana teknik dasar renang gaya bebas?

Posisi tubuh

Ilustrasi Posisi Tubuh Berenang

Photo :
  • pinterest.com

Berenang gaya bebas dilakukan dengan posisi tubuh telungkup. Kemudian posisikan kepala kamu lurus dengan badan dan posisi netral. Artinya, selama kamu berenang dahi dan wajah harus dalam posisi menghadap ke bawah serta hanya bagian rambut dan pucuk kepala yang berada di permukaan air.

Posisikan tubuh kamu dalam posisi garis dan sejajar dengan permukaan air. Apabila bagian depan tubuh kamu sedikit naik, maka hal ini akan meningkatkan risiko cedera bahu dan menghambat pergerakan.

Selanjutnya, gerakkan tubuh berguling sedikit ke samping dan sisi lengan yang keluar dari air. Kemudian putarkan juga kepala kamu sampai mulut berada di atas permukaan air untuk melakukan pernapasan.

Teknik gerakan lengan

Perenang putri Filipina, Remedy Rule

Photo :
  • instagram.com/remedyrule/

Dalam gaya bebas, gerakan lengan dilakukan dengan mengayunkan kedua tangan ke depan secara bergantian. Apabila salah satu tangan berada di depan tubuh, maka salah satu tangan yang lain berada di belakang tubuh.

Pastikan juga kelingking kamu yang menyentuh permukaan air terlebih dahulu, ketika akan mengayunkan tangan. Jika salah satu tangan kamu sedang mengayun, maka tangan yang satunya lagi harus berada sejajar dengan permukaan air. Kemudian gerakan lengan ke depan harus sesuai dilakukan bersamaan dengan gerakan kaki menendang ke bawah dan ke atas.

Teknik gerakan kaki

Teknik gerakan kaki

Photo :
  • pinterest.com

Gerakan menendang dan memutar tubuh akan memberikan energi supaya tubuh kamu bisa bergerak ke depan. Kamu harus fokus dalam melakukan tendangan dengan mengikuti gerakan tubuh. Jika kamu melakukan gerakan menendang yang salah justru akan menyeret posisi tubuh dan membuat kamu mudah lelah.

Lakukan tendangan dengan kaki yang berada pada posisi lurus. Sumber energi yang dipakai harus berasal dari pinggang dan paha. Kamu dapat menendang sebanyak tiga kali setiap satu ayunan tangan.

Kemudian maksimalkan dorongan tubuh kamu ketika berenang gaya bebas dengan memiringkan tubuh ke kanan dan ke kiri sesuai dengan ayunan tangannya. Putarkan tubuh kamu ke kanan ketika tangan kanan dan pundak kanan bergerak ke depan, begitu pun sebaliknya.

Teknik pernapasan

Teknik pernapasan berenang

Photo :
  • pinterest.com

Teknik pernapasan dalam renang gaya ini dapat dilakukan dengan cara menolehkan kepala ke kiri atau ke kanan. Walaupun terdengar mudah, teknik pernapasan dalam gaya tersebut cukup sulit dipelajari. Karena, ketika bernapas harus menyesuaikan pada gerakan lengan dan kaki.

Pernapasan dalam renang gaya bebas juga umumnya dilaksanakan dengan posisi tubuh yang miring ke samping kiri atau kanan. Ketika mengambil napas, sebaiknya kepala jangan mengangkat ke atas karena berpotensi mengganggu keseimbangan kamu di atas air dan dapat membuat tubuh kamu tenggelam.

Manfaat berenang gaya bebas

Ilustrasi renang.

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Kemudian, salah satu hal yang sangat penting dalam teknik dasar gaya bebas adalah dengan melakukan pemasan. Sama dengan renang gaya lainnya, usahakan untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berenang supaya menghindari kram atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Berenang merupakan salah satu olahraga kardio. Jika kamu berenang selama 30 menit sehari, maka olahraga ini mampu membakar kalori tubuh, menjaga kebugaran, dan juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Selain itu, berenang gaya bebas juga bisa melatih otot punggung dan bahkan bisa membantu pemulihan saraf kejepit lho!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya