5 Teknik Dasar Permainan Rounders yang Jarang Dikuasai

Ilustrasi Permainan Rounders
Sumber :
  • Tangkapan Layar: YouTube

VIVA – Permainan rounders adalah salah permainan bola kecil yang berasal dari negara Inggris. Teknik permainan rounders sama dengan softball. Meskipun demikian, perbedaan rounders dan softball terletak pada bahan alat pemukulnya. Alat pemukul dari permainan rounders berasal dari kayu, sedangkan softball dari besi.

Ditambah Gregoria Mariska, Indonesia Kirim 3 Wakil ke Final Swiss Open 2024

Permainan rounders dimainkan oleh dua tim yang terdiri atas 9 orang pemain dari masing-masing tim. Salah satu tim menjadi tim pemukul dan tim lainnya menjadi tim penjaga. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memperoleh poin dan memenangkan pertandingan. Untuk bisa memenangkan pertandingan, para pemain tentunya harus menguasai teknik dasar rounders.

Lalu, Apa Saja Teknik Dasar Permainan Rounders?

Margot Robbie Bakal Produseri Adaptasi Film The Sims

Teknik Memegang dalam Permainan Rounders

Memegang adalah teknik dasar yang wajib dikuasai oleh setiap pemain rounders. Penanganan bola yang baik tentunya akan berpengaruh pada lemparan yang tepat dan juga terarah. Terdapat beberapa teknik memegang bola dalam permainan rounders yaitu memegang bola dengan 3 jari tangan, memegang bola dengan 4 jari tangan, dan memegang bola dengan 5 jari tangan.

Ponsel Gaming Asus ROG Phone 8 Series Meluncur Besok, Ini Bocorannya

Teknik Melempar dalam Permainan Rounders

Supaya menghasilkan lemparan yang tepat dan sempurna, pemain wajib menguasai teknik ini. Dalam permainan ini terdapat 3 jenis lemparan. Pertama, lemparan melambung dipakai untuk lemparan jarak jauh. Pada lemparan ini harus melambungkan bola yang jauh dan tinggi.

Oleh sebab itu, dibutuhkan tega yang besar untuk lemparan ini. Teknik lemparan ini dimulai dengan memegang bola dan posisi tangan atau jari yang benar. Ayunkan tangan yang memegang bola disertai dengan langkah kaki secara bersamaan.

Kedua, lempar mendatar merupakan lemparan bola dengan arah mendatar dan cepat. Teknik lemparan ini dengan cara mengayunkan tangan dari belakang ke depan sejajar dengan bahu. Gerakan lempar diiringi dengan lecutan pergelangan tangan.

Ketiga, lemparan bawah merupakan lemparan yang arah bolanya menyusuri tanah. Lemparan ini umumnya dilakukan ketika menghadapi keadaan darurat dan umumnya dilakukan dengan sangat cepat. Teknik lemparan ini dilakukan dalam posisi membungkuk dan kedua kaki sedikit ditekuk. Kemudian dilanjutkan dengan ayunan tangan dari samping atas ke bawah dan disertai dengan lecutan.

Teknik Menangkap dalam Permainan Rounders

Dalam permainan rounders terdapat beberapa teknik menangkap bola yang bergantung pada arah datangnya bola. Secara umum, terdapat tiga jenis teknik menangkap bola. Pertama, teknik menangkap bola yang datang langsung dilakukan dengan cara meluruskan tangan ke depan atau sedikit di tekuk pada pergelangan siku.

Kemudian glove atau sarung tangan diarahkan pada datangnya bola, sedangkan untuk tangan yang lain disamping glove. Apabila bola sudah masuk ke glove, maka tangan yang lain segera menutup dan mengambil bola yang ada di dalamnya.

Kedua, bola datang melambung dapat dilakukan dengan cara menangkap bola setinggi atau melebihi kepala. Pandangan harus lurus ke depan pada saat tangan menangkap bola. Apabila bola telah masuk glove, tangan yang lain segera menutup supaya bola tidak lepas lagi.

Ketiga, bola datang bergulir dapat memakai teknik dengan cara langkahkan kaki ke depan kemudian tekuk lutut dan badan poisi bungkuk. Setelah itu, tangan yang memakai glove berada di tanah dan menghadap ke arah datangnya bola. Apabila bola sudah masuk glove, tangan yang lain segera menutup dan mengambil bola yang ada di dalamnya.

Teknik Memukul dalam Permainan Rounders

Dengan memakai pukulan yang baik, maka sebuah tim dipastikan dapat menguasai permainan. Oleh karena itu, pemain wajib menguasai permaian keterampilan melempar yang tepat. Dalam permainan rounders, terdapat dua jenis pukulan yaitu ayunan (swing) dan tanpa ayunan (bunt).

Pukulan swing merupakan teknik memukul yang diawali dengan mengayunkan kayu pemukul. Sedangkan pukulan bunt merupakan pukulan tanpa mengayunkan kayu pemukul, dengan kata lain hanya menyentuhkan kayu pemukul pada bola.

Pukulan bunt cukup menunggu bola menyentuh kayu pemukul sampai pantulan bola jatuh di dekat pemukul. Pukulan tersebut adalah pukulan yang dilakukan untuk mengelabui regu penjaga. Teknik pukulan dalam permainan ini dapat dilatih dengan berdiri dengan posisi tubuh menyamping dari arah datangnya bola.

Kemudian kedua kaki dibuka lebar dan lutut sedikit ditekuk. Untuk telapak kaki sejajar dengan lutut serta posisi tubuh condong ke depan. Pegang pemukul kayu dengan erat dengan kedua tangan yang berada di samping telinga kanan. Pandangan lurus ke arah bola. 

Teknik Berlari dalam Permainan Rounders

Selain itu, seorang pemain rounders harus segera berlari menuju bas. Lari ini disesuaikan dengan situasi pertandingan. Terdapat saat tertentu pelari harus lari secepat-cepatnya. Seorang pelari harus memerhatikan cara menuju tempat hinggap dan memastikan keadaan tempat hinggap belum tersentuh lawan.

Teknik berlari dapat dilatih dengan meningkatkan kecepatan lari dan daya tahan, latihan lari cepat dari base ke base lain, latihan meningkatkan kekuatan otot perut, punggung, kaki, dan lengan, latihan berlari menuju tempat hinggap, dan latihan mengindari ketikan atau sentuhan bola lawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya