Dinkes Papua Klaim Vaksinasi di Klaster PON Capai 49,25 Persen

Ilustrasi vaksin
Sumber :
  • ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

VIVA – Dinas Kesehatan Provinsi Papua mengklaim cakupan vaksinasi COVID-19 di empat klaster penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021, yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke rata-rata mencapai 49,25 persen.

UI Raih Peringkat Pertama Kampus Terbaik Indonesia Versi THE Asia University Rankings 2024

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Aaron Rumainum, mengatakan bahkan Kabupaten Merauke jadi daerah pertama di Bumi Cenderawasih yang mencapai angka 50 persen cakupan vaksinasi.
 
"Cakupan vaksinasi di Merauke sudah 52,3 persen, disusul Kota Jayapura 49,7 persen, Mimika 48,6 persen dan Kabupaten Jayapura 46,4 persen, lalu Keerom sebagai daerah penyangga PON sudah 32,9 persen," katanya di Jayapura, Kamis 2 September 2021.

Menurut Aaron, pihaknya mengakui adanya kenaikan jumlah suntikan vaksin pada lima daerah tersebut dibandingkan dengan 31 Agustus. "Kenaikan jumlah suntikan vaksin terbanyak berada di Kota Jayapura," katanya menegaskan.
 
Dia menjelaskan ada kenaikan 3.408 suntikan di Kota Jayapura, 2.082 di Kabupaten Mimika, 483 suntikan di Kabupaten Jayapura, 763 suntikan di Merauke dan 152 suntikan di Keerom.
 
"Untuk mencapai herd immunity hingga akhir September di empat klaster tersebut, diperlukan kecepatan suntikan per hari selama satu bulan," katanya lagi.
 
Dia menambahkan seperti di Kota Jayapura, minimal harus melakukan penyuntikan sebanyak 5.202 suntikan per hari. Berikutnya di Kabupaten Merauke 2.575 suntikan, Kabupaten Jayapura 2.121 suntikan, Kabupaten Mimika 3.962 suntikan dan Keerom 1.039 suntikan. (Ant)

Alasan Pria Bunuh Waria di Sukabumi, Tolak Hubungan Sesama Jenis
 Airin Rachmi Diany menyerahkan formulir pendaftaran Bacagub Banten ke DPW PAN

Punya Sejarah Dengan PAN, Airin Harap Kembali Didukung Pilgub Banten

Politisi Partai Golkar yang juga mantan Wali Kota Tangerang Selatan atau Tangsel, Airin Rachmi Diany mengembalikan formular sebagai bakal calon Gubernur Banten ke DPW PAN

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024