119 Atlet Kabupaten Bekasi Perkuat Jawa Barat di PON XX Papua

Ketua KONI Kabupaten Bekasi Reza Luthfi Hasan bersama atlet Bekasi di PON Papua
Sumber :
  • ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

VIVA – Sedikitnya 119 atlet Kabupaten Bekasi bakal tampil memperkuat kontingen Provinsi Jawa Barat di PON XX Papua pada 2-15 Oktober 2021.

Ogah Pakai Pelampung, Bocah 6 Tahun di Cikarang Tewas Tenggelam di Kolam Renang

"Mereka terpilih menjadi bagian dari kontingen Jawa Barat melalui sejumlah seleksi ketat serta prestasi yang telah diraih sebelumnya," kata Ketua KONI Kabupaten Bekasi Reza Luthfi Hasan di Cikarang, Kamis.

Reza mengatakan atlet-atlet binaannya itu akan tampil di hampir seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan pada PON Papua mendatang, baik kategori beregu maupun perorangan.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Tidak sekedar kuantitas, kata dia, para atlet Kabupaten Bekasi memiliki kualitas untuk bersaing dan bahkan diprediksi mampu menyumbang banyak medali emas untuk kontingen Jawa Barat.

"Jelas kami optimis atlet Kabupaten Bekasi mampu berbuat banyak untuk Jawa Barat. Hasil analisa kami itu lebih dari 60 emas bisa diraih atlet Kabupaten Bekasi untuk Jawa Barat, baik dari sektor perorangan maupun beregu," katanya.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

Berdasarkan hasil pemetaan potensi medali, para atlet Kabupaten Bekasi masih unggul dibandingkan atlet pesaing daerah lain terutama di beberapa cabang olahraga yang diunggulkan.

"Dari cabang atletik, renang, menembak, wushu, karate, dan hampir semua cabor kita diunggulkan, termasuk catur. Beberapa bahkan ada yang persentase menangnya di atas 70 persen. Ini yang harus kita wujudkan di PON nanti," ucapnya.

Reza yang juga menjadi bagian dari Tim Pemenangan Kontingen Jawa Barat itu mengaku sejumlah daerah diprediksi menjadi pesaing tangguh dalam perebutan Juara Umum PON XX Papua di antaranya DKI Jakarta, Jawa Timur, dan tuan rumah Papua.

"Jadi empat daerah ini yang bersaing berebut juara umum, ada Jabar, DKI, Jatim dan Papua. Papua karena faktor tuan rumah, mereka awalnya tidak begitu diperhitungkan tapi tiba-tiba muncul dan tentu harus diwaspadai," kata dia.

Selain meloloskan banyak atlet, Kabupaten Bekasi juga dipercaya Provinsi Jawa Barat mengirimkan puluhan pelatih, manajer, serta ofisial yang akan berangkat menuju Papua bersama ratusan atlet dari berbagai daerah di Jawa Barat untuk mengikuti ajang empat tahunan terbesar di Indonesia itu. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya