Menpora Sambut Kepulangan Kloter Terakhir Kontingen Paralimpiade

Logo Paralimpiade Tokyo 2020.
Sumber :
  • Paralympic.org

VIVA – Kontingen Indonesia yang berjuang di Paralimpiade Tokyo 2020 telah tiba di Tanah Air, pada Selasa dini hari WIB, 7 September 2021. Kepulangan para atlet dan pelatih kloter terakhir ini disambut oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Terpopuler: Proyek Naturalisasi Terancam, Bintang Kelas Dunia Liverpool Dikejar

Selain Zainudin, Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, juga turut hadir dalam menyambut skuad Merah-Putih bersama Senny Marbun, selaku Ketua NPC Indonesia.

CdM Kontingen Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2022, Andi Herman, dan Deputi CdM, Naek Parulian Washington, memimpin langsung kepulangan Leani Ratri Oktila cs dari Jepang.

Skandal Olahraga: Geger Atlet Normal Pura-pura Jadi Disabilitas demi Meraup Emas

Menpora Zainudin mengucapkan selamat kepada Kontingen Indonesia yang telah berjuang untuk mengharumkan lambang Garuda di Paralimpiade Tokyo 2020.

"Saya atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia menyampaikan selama datang kepada Kontingen Indonesia yang baru saja berjuang dan mengarumkan nama bangsa di kancah multi-event olahraga Paralimpiade Tokyo 2020," kata Zainudin.

Kalender BWF, FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023 Digelar di Solo

Sembilan keping medali berhasil diraih Indonesia pada Paralimpiade Tokyo 2020, yang terdiri dari, dua emas, tiga perak, dan empat perunggu, Atas hasil ini, Zainudin mengaku sangat bangga.

Pasalnya, sembilan medali tersebut membuat Kontingen Indonesia melampaui target yang telah ditetapkan berdasarkan desain besar olahraga nasional. Perolehan tersebut juga mengangkat peringkat Indonesia dari ajang sebelumnya pada Paralimpiade Rio 2016.

"Capaian yang diraih Indonesia mengalami peningkatan dibandingkan Paralimpiade Rio 2016," ungkap Zainudin.

"Peningkatannya sangat pesat dan luar biasa karena waktu itu kita hanya meraih satu perunggu dan kita berada di peringkat ke-76," ucapnya.

"Sekarang, kita meraih dua medali emas, tiga perak, dan empat perunggu dengan posisi peringkat ke-43," ujarnya.

Sementara itu, Zainudin juga menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo untuk seluruh Kontingen Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020. Nantinya, para atlet dan pelatih akan diundang Presiden ke Istana usai menjalani masa karantina.

"Salam hangat dan bangga dari bapak Presiden Joko Widodo, beliau mengucapkan terima kasih kepada para pendamping, pelatih, atlet, dan seluruh kontingen Indonesia," tutur politis dari Partai Golkar tersebut.

"Beliau menyampaikan pesan, nanti setelah selesai karantina akan diatur jadwal para atlet, pelatih, dan kontingen Indonesia untuk diterima langsung oleh bapak Presiden di Istana," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya