4 Ribu Tim Bersaing di Kualifikasi Cabor eSports PUBGM PON Papua

Piktogram cabang olahraga PON XX Papua 2021
Sumber :
  • PON Papua

VIVA – Diumumkan sebagai salah satu cabang olahraga yang juga akan turut memeriahkan Eksibisi Esport Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, PUBG Mobile menggelar kualifikasi untuk mewakili provinsi di ajang olahraga terbesar dan prestisius tingkat nasional ini.

Logitech G Pro X 60 Lightspeed, Dirancang Ringkas untuk Menang

Sebelumnya, Pengurus Besar Esport Indonesia (PBESI) telah mengumumkan bahwa pendaftaran Esport PON XX Papua 2021 telah resmi dibuka per 26 Agustus 2021 lalu dan ditutup pada hari Rabu kemarin, 8 September 2021.

Adapun PUBG Mobile telah berhasil mencatat lebih dari 4,200 tim (1 tim terdiri dari 4 orang) yang telah terdaftar dari seluruh Indonesia. Para tim tersebut akan mengikuti kualifikasi yang diadakan serentak di 33 Provinsi seluruh Indonesia pada tanggal 11-12 September 2021.

Esports: PUBG Mobile kolaborasi dengan SPYxFAMILY

Babak kualifikasi provinsi sendiri bersifat terbuka dan akan digelar secara virtual untuk mencari perwakilan tim terbaik yang akan dipertandingkan kembali pada Pra-PON. Nantinya akan ada 15 tim esports yang diambil dari babak Pra-PON dan 1 tim esports dari Papua selaku tuan rumah yang mana akan bertanding memperebutkan medali pada gelaran PON yang diselenggarakan secara offline di Jakarta.

Dalam rilis yang diterima VIVA, Rabu 8 September 2021, kualifikasi provinsi akan digelar serentak di 33 provinsi pada 11-12 September 2021. Selanjutnya, Pra-PON akan dilangsungkan pada 14-15 September 2021. Dilanjutkan Final PON di Jakarta secara offline pada 22-23 September 2021.

Fans Turnamen Mobile eSports Ini Membludak, Ada Peran Indonesia

Masuknya PUBG Mobile pada ajang PON XX Papua 2021 merupakan jawaban dari PBESI dan Tencent Games dalam rangka menyambut tingginya aspirasi komunitas gamers Indonesia yang menggandrungi game battle royale ini.

Ilustrasi PUBG Mobile.

Photo :
  • U-Report

Setelah diumumkan secara resmi pada tanggal 21 Agustus 2021 lalu, beberapa gaming creator dan pro player seperti Bangpen dan Mute, juga ikut mengungkapkan antusiasme dan mengajak seluruh anak bangsa menjadi bagian dalam ajang olahraga terbesar dan prestisius tingkat nasional ini.

“Sekarang saatnya jadi bagian dari sejarah esports di Indonesia. Ini kesempatan buat kalian untuk tunjukkan kebolehanmu dan harumkan provinsimu di hadapan seluruh rakyat Indonesia,” ujar Bangpen, Gaming Creator Indonesia.

Tak ketinggalan Meutia Maharani atau yang akrab disapa dengan nama Mute, salah satu pro Player dari tim Bigetron menambahkan, “Eksibisi PON XX Papua 2021 telah dimulai, ikuti kualifikasinya dan jadilah tim yang terpilih untuk membela daerahmu di ajang turnamen esports paling bergengsi di Indonesia.”

Menjadi yang pertama dalam sejarah, di mana esports masuk dalam rangkaian Eksibisi PON XX Papua 2021, pemerintah melalui Kemenpora dan Komite Olahraga Nasional (KONI) secara resmi menyatakan bahwa eSports telah menjadi cabang olahraga prestasi.

Masuknya cabang olahraga esports ini, diharapkan bisa melahirkan banyak talenta baru dan atlet potensial yang tersebar di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya