Ada yang Berbeda dari Piala Presiden Esport 2021

Moeldoko resmikan ajang Piala Presiden Esports 2021
Sumber :
  • tangkapan layar Press Conference Piala Presiden Esports 2021

VIVA – Piala Presiden Esports (PPE) 2021 siap digelar, pada Selasa 14 September 2021 Kepala Staf Kepresidenan RP Jend TNI (Purn) Moeldoko menyatakan PPE dihelat pada 3 Oktober 2021. Konsep sport tourism menjadi hal berbeda di gelaran tahun ini, dengan tema besar 'Bangga Esport Indonesia' nantinya ada game khusus yang diselipkan dalam turnamen ini.

EVOS dan Pop Mie Rayakan 6 Tahun Kolaborasi, Perkuat Komitmen untuk Majukan Esport Indonesia

Moeldoko menyebut ajang yang digagas oleh Presiden RI Joko Widodo ini menjadi sebuah penegasan dukungan pemerintah untuk industri esports di Indonesia. 

"Dalam pertimbangan di situasi pandemi COVID-19, bersama Kemenpora dan lima kementrian teknis lainnya termasuk KONI, PB ESI, turnamen Piala Presiden Esports 2021 dinyatakan dimulai," kata Moeldoko dalam press conference virtual, Selasa 14 September 2021. 

Logitech G Pro X 60 Lightspeed, Dirancang Ringkas untuk Menang

"Indonesia harus bisa menjadi leader di dunia esports. Baik di regional maupun internasional. Ini akan terus didorong melalui ajang Piala Presiden Esports 2021," lanjut dia.

Lebih lanjut, ada sejumlah cabang game yang akan dipertandingan dengan memperebutkan total hadiah hingga Rp2 miliar yaitu Free Fire, eFootball PES, Mobile Legends, PUBG Mobile, MPL Gameing dan Lokapala.

Esports: PUBG Mobile kolaborasi dengan SPYxFAMILY

Game Lokapala ini adalah game lokal buatan anak bangsa. Moeldoko berharap ajang PPE ini bisa menjadi tantangan game Lokapala untuk bisa naik kelas ke level internasional. 

"Kami mendukung kemauan generasi muda Indonesia, baik atlet maupun pelaku industri gaming. Piala Presiden Esports 2021 bisa jadi momen untuk membuka pintu pariwisata di Indonesia dan mendorong industri sport tourism berkembang," tambah Moeldoko.

Lebih lanjut, Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden Esports 2021, Rangga Danu Prasetya menyebut nantinya ajang ini berkonsep pada land of wonders. Yaitu menampilkan keindahan Indonesia. 

"Kita akan menampilkan keindahan Indonesia dan akan jadi pembeda di edisi sebelumnya," kata Rangga. 

Pendaftaran edisi ketiga turnamen PPE ini dibuka 9 September 2021 hingga 2 Oktober 2021. Nantinya di babak kualifikasi dibagi 6 wilayah, yaitu Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, NTB dan NTT, serta Maluku dan Papua. Tim terbaik dari setiap regional yang melaju ke final. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya