Sejarah Baru Tercipta di IBL 2022

Logo Indonesia Basketball League (IBL)
Sumber :
  • Main Basket

VIVA – Indonesian Basketball League (IBL) sudah memulai perjalannya memasuki musim 2022. Terdapat sejumlah perubahan pada musim berikutnya.

6 Pemain Bima Perkasa Jogja Masuk Nominasi IBL All Star 2024

Paling kentara terlihat dari jumlah peserta. Jika sebelumnya hanya ada 12 tim, kini kompetisi tertinggi bola basket Indonesia itu akan berjumlah 16 tim.

Empat tim baru yang akan meramaikan kancah bola basket Tanah Air adalah Bumi Borneo Basketball Pontianak, EVOS Basketball Bogor, RANS PIK Basketball, juga Tangerang Hawks.

Dewa United Banten Cetak Sejarah IBL Usai Libas Pacific Caesar

Keempat tim tersebut dinyatakan lolos verifikasi oleh IBL sebagai calon peserta baru dari lima tim yang mendaftar. Satu tim lainnya yang tak lolos adalah Louvre Malang.

“Pemilihan ini berdasarkan penilaian mendalam dari tim verifikasi berdasarkan aspek manajemen dan administrasi,” kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, dikutip situs resmi IBL.

IBL 2024: Dewa United Banten Mengganas, Pacific Caesar Jadi Korban Ketujuh

Dengan adanya perubahan tersebut, IBL musim ini jadi pertama kalinya ada 16 tim yang mengikuti kompetisi IBL. Ini jadi jumlah peserta terbanyak dalam sejarah kompetisi bola basket Indonesia.

Sejak perubahan manajemen pada tahun 2019, IBL memang berkomitmen untuk semakin memajukan industri bolabasket di Tanah Air. “Kami merancang program jangka menengah dan panjang. Satu persatu program tersebut sudah berhasil diwujudkan,” tutur Junas.

“Penambahan empat tim untuk mulai bersaing di musim kompetisi IBL 2022 merupakan bagian dari perencanaan dua tahun lalu di mana nantinya menambah jumlah pertandingan dan periode kompetisi yang makin panjang,” lanjut dia.

Tambahan jumlah peserta membuat kompetisi bakal lebih panjang. Akan ada 176 pertandingan pada musim 2022, bertambah 96 laga dari musim sebelumnya.

Kendati sudah mengumumkan jumlah peserta, tim-tim baru akan mengumumkan rosternya pada 28 Desember mendatang. Sementara, musim akan dimulai pada 11 Januari 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya