Pelari Austria Tuntaskan Misi Marathon Amal Jakarta-Bali

Pria asal Austria, Robert Spour yang melakukan marathon bertajuk Run2Bali
Sumber :
  • Run2Bali

VIVA – Pelari sekaligus seniman asal Austria, Robert Spour, telah berhasil menyelesaikan misinya berlari dari Jakarta menuju Bali. Kegiatan ini dilakukannya selama 18 hari dalam rangka memberi donasi air bersih untuk anak-anak di wilayah Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Sensasi Lari Bersama Digital Asisten, Bikin Semangat Sampai Garis Finish!

Pria yang akrab disapa Om Rob itu memulai perjalanannya berlari sejauh 1.344 km pada 1 September lalu di wilayah Monas, Jakarta. Dia menuntaskan misinya tepat waktu pada 18 September 2021.

Om Rob melakukan awal yang sangat baik di Jakarta dan mempertahankan kecepatan. Pemberhentian pertamanya adalah di Cikampek setelah menempuh jarak sekitar 90 km.

Ratusan Pelari Ikuti Lari 7K di CFD Sudirman Jelang MN Run 2024

Pelari asal Austria, Robert Spour, tuntaskan misi lari Jakarta-Bali

Photo :
  • Istimewa

Cuaca Indonesia, terutama semakin ke Timur, menjadi tantangan terberat Om Rob dalam menyelesaikan misi amal bertajuk Run2Bali ini. Untuk menyiasatinya, Robert memutuskan untuk selalu memulai lari pada pagi hari atau bahkan malam hari sekitar pukul 01.00 WIB atau 02.00 WIB.

Viral Penampakan Fisik Pria Berusia 70 Tahun, Punya Tubuh Berotot Layaknya Binaragawan

"Saya mengawalinya dengan baik di Jakarta dan mempertahankan kecepatan dengan baik. Namun, cuaca setelah jam 10 pagi menjadi sangat panas, yakni 35 derajat celcius," kata Robert Spour.

Selain suhu yang sangat tinggi pada siang hari, Om Rob juga harus menghadapi beberapa gangguan seperti lecet di kakinya. Dia bahkan beberapa kali mengganti sepatu dalam perjalanannya menuju Bali.

"Saya harus menghadapi lecet pada beberapa bagian kaki. Sampai di Semarang, saya sudah menggunakan tiga pasang sepatu agar bisa berlari jauh dan meminimalkan rasa sakit," ucap Robert.

Tetapi meski dengan sepatu terbaik, rasa sakit selalu dirasakannya setelah 50 km berlari. Meski demikian, Om Rob mampu mengatasi rasa sakit karena ada motivasi besar. 

Motivasi itu adalah membawa air bersih ke pulau Sumba. Khususnya di Sumba Timur, di mana sekitar 50 ribu anak tidak memiliki atau keterbatasan akses air bersih. 

Bersama Bibi Punky mereka akan menyalurkan 1 juta liter air bersih untuk anak-anak di sana. Karena itulah ia berlari dari Jakarta ke Bali untuk menarik perhatian Water4Sumba.

Om Rob juga juga menawarkan kesempatan kepada publik untuk berpartisipasi dalam aksi amal ini. Donasi dapat dilakukan di www.tupaipandai.com.

Kegiatan mulia ini sebenarnya bukan yang pertama dilakukan Robert. Sebelumnya, Robert pernah bersepeda dari Jakarta menuju Bali dengan tujuan yang sama yang terakhir dilakukan pada Maret 2021 silam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya