Minat Tinggi, Eksibisi Esports PON XX Papua Jaring 49 Ribu Atlet

Konferensi pers pembukaan eksibisi Esports PON XX Papua
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Penyelenggaraan eksibisi cabang olahraga Esports di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua telah resmi dibuka di Lapangan Hoki Indoor, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura pada Selasa, 21 September 2021. Ini merupakan catatan sejarah bagi perjalanan Esports di Indonesia.

Logitech G Pro X 60 Lightspeed, Dirancang Ringkas untuk Menang

Sebagai olahraga baru, Esports cukup mencuri perhatian masyarakat Tanah Air. Terbukti, peserta yang mendaftar di platform Garudaku.com sampai membludak dan mencapai 49.905 atlet dan 10.877 tim yang terbagi dari 34 provinsi.

Mereka bertarung untuk babak kualifikasi tingkat provinsi pada 25 Agustus sampai 5 September dan babak kualifikasi Pra-PON 7-14 September untuk berangkat ke Papua.

Esports: PUBG Mobile kolaborasi dengan SPYxFAMILY

“Melalui Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 yang kami gelar hingga 26 September nanti, kami ingin menyampaikan pesan kepada dunia tentang potensi besar industri Esports Indonesia, kesiapan Indonesia menjadi penyelenggara Esports-tourism berskala internasional, dan optimisme akan terwujudnya visi Indonesia Emas sebagai kekuatan ekonomi digital dunia pada 2045," ujar Wakil Ketua Umum/Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Komjen Pol. Bambang Sunarwibowo, dalam konferensi pers virtual.

Seluruh peserta tersebut berkompetisi di empat kategori pertandingan, yakni PUBG Mobile, Free Fire, Mobile Legends: Bang Bang, dan Pro Evolution Soccer (PES) 2021.

Fans Turnamen Mobile eSports Ini Membludak, Ada Peran Indonesia

PUBG Mobile diikuti oleh 19.664 atlet dari 4.916 tim, Free Fire diikuti oleh 13.608 atlet dari 3.402 tim, Mobile Legends: Bang Bang diikuti oleh 11.985 atlet dari 2.397 tim, sedangkan PES 2021 diikuti oleh 3.838 atlet.

Bersamaan dengan Eksibisi Esports PON XX Papua 2021, PBESI juga menyelenggarakan pertandingan persahabatan Lokapala, sebuah gim bergenre MOBA karya asli anak bangsa, Anantarupa Studios. Mengusung misi pemberdayaan industri gim lokal, pertandingan persahabatan Lokapala diikuti oleh 810 atlet dari 162 tim.

Setelah melewati babak kualifikasi, terpilih 188 atlet dan 25 provinsi yang akan bersaing di PON XX Papua.

"Pentas babak utama Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 akan menyuguhkan kepiawaian talenta-talenta potensial dan tim-tim kuat dari seluruh negeri," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya