Alasan Ini yang Bikin Eko Yuli Tampil di PON XX Papua

Atlet angkat besi Indonesia, Eko Yuli Irawan
Sumber :
  • NOC Indonesia

VIVA – Lifter nasional, Eko Yuli Irawan, memastikan dirinya tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua usai tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Ini adalah penampilan pertama Eko Yuli usai membela Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020.

17 Atlet Indonesia Pastikan Tiket ke Olimpiade 2024, Berikut Daftarnya

Eko menjadi unggulan Indonesia dalam merebut medali emas di Olimpiade Tokyo pada cabang olahraga angkat besi putra nomor 61 kg. Impian itu cukup dekat lantaran persiapannya sudah cukup matang bersama sang pelatih, Lukman.

Ternyata, persaingan tetap berlangsung ketat. Terlebih, dengan wakil China, Li Fabin.

Rizky Juniansyah Lolos ke Olimpiade 2024 Paris, Angkat Besi Punya 2 Wakil

Pada akhirnya, Eko harus puas hanya menempati peringkat kedua dan meraih medali perak dengan total angkatan 302 kg. Sementara, medali emas disabet Li Fabin yang membukukan total 313 kg.

Dengan sederet prestasi berlevel internasional tersebut, Eko sudah membuktikan jika dia adalah yang terbaik di Indonesia. Bisa dibilang, persaingan di tingkat PON akan menjadi makanan empuknya.

Sabet Tiket Olimpiade 2024, Eko Yuli Irawan Bikin Sejarah Baru

Lantas, apa alasan Eko Yuli tampil di multievent tingkat nasional tersebut?

Ternyata, penampilannya di PON XX Papua merupakan kewajibannya membela daerah yang menaunginya. Selama ini, lifter 32 tahun itu membawa nama Jawa Timur dan kini dia akan kembali bertugas memberikan prestasi bagi daerah tersebut.

"Tampil di PON pasti karena ini adalah tugas membela daerah. Kalau kemarin kan tugas negara," ujar Eko Yuli dalam acara Bincang Inspiratif Visa bertajuk "Wujudkan Mimpi di tengah Keterbatasan."

Bincang Inspiratif Visa bersama Eko Yuli Irawan

Photo :
  • Tim Visa

"Saya mewakili Jawa Timur dan sekarang sudah berlatih dengan tim di Malang untuk mempersiapkan diri. Saya akan bertolak tanggal 3 Oktober dan bertanding di 6 Oktober," lanjut dia.

Kendati demikian, Eko enggan jemawa dan meremehkan lawan. Dia akan tetap tampil serius meski lawannya hanya tingkat nasional.

"Motivasi tetap sama. Saya gak mau meremehkan lawan dan tidak menganggap enteng Kejuaraan Nasional. Fokus inilah yang mengantarkan saya juara nasional maupun internasional," tutur dia.

Di sisi lain, Presiden Direktur PT. Visa Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman, turut mendukung niatan Eko untuk terus berprestasi. Dia mengapresiasi perjuangan Eko Yuli yang kerap membanggakan bangsa Indonesia.

"Selamat kepada Eko Yuli atas raihan medali perak. Visa Indonesia mengapresiasi prestasi atlet Indonesia. Terima kasih atas dedikasinya mengharumkan nama bangsa. Kami nantikan prestasi lainnya dari Eko Yuli," tutur Riko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya