Tuan Rumah Sabet Emas Pertama PON XX Papua

Ketua Harian PB PON Papua Yunus Wonda serahkan medali emas untuk atlet Kriket
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

VIVA – Atlet Kriker tim Putri Papua dan terbang layang berhasil meraih dua medali emas pertama di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. 

Heboh Timnas Kriket Indonesia Kalah tanpa Bertanding di Asian Games

Tuan rumah PON XX mendapatkan medali emas usai mengalahkan Tim Putri Provinsi Bali pada babak di final yang diselenggarakan di Stadion Krikect Doyo Baru, Kabupaten Jayapura dan terbang Layang di Mimika, Papua, Minggu, 26 September 2021.

Tim Kriket putri Papua mampu menang secara dramatis dengan skor tipis 45-44. Atlet putri Papua ini berjuang habis-habisan sejak semifinal pada hari yang sama untuk mengalahkan tim putri Bali.

Terkendala Tempat Latihan, Kriket Sumut Bidik 4 Emas PON 2024

Dalam laga itu, tim putri Papua juga menang dari tim DKI Jakarta dengan skor 55-44.

Ketua Kontingen Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri, menyampaikan apresiasinya kepada tim altlet Papua atas raihan dua medali emas pada cabor Kriket dan 

Warga Karawang Sambut Kedatangan Atlet Peraih 3 Medali di SEA Games 2023

“Sebagai ketua kontingen, saya juga mewakili semua masyarakat Papua, kita bersyukur bahwa atlet-atlet kita bisa meraih dua emas dan satu perak," ujar Mathius Fakhiri. 

Dengan berhasilnya meraih prestasi tersebut, diharapkan para atlet dapat menjadi pendorong bagi atlet Papua lain yang baru akan berlomba pada hari-hari mendatang. 

“Ini untuk motivasi untuk kita semua, mudah-mudahan setiap hari kita dapatkan emas untuk nama besar Papua," katanya.

Sementara itu Ketua Harian PB PON Provinsi Papua Yunus Wonda. Ia merasa bangga atas sumbangan dua medali emas dan satu perak yang disumbangkan para atlet Papua. 

“Puji Tuhan kita sudah dua emas, kita harapkan Papua tidak hanya sukses pelaksanaan, tapi juga prestasi," kata Yunus. 

Sumbangan emas perdana Papua diraih oleh Andri Abdul Rohman dari Cabor Terbang Layang  pada nomor pendaratan presisi putra, lalu Tim kriket Putri pada nomor super 6. Sementara Tim Kriket Putra harus puas meraih perak setelah pada laga final super 6, kalah dari Tim Kriket Bali. 

Untuk diketahui ceremony resmi pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 baru akan dibuka tanggal 2 Oktober mendatang oleh Presiden RI Joko Widodo di Stadium Papua Lukas Enembe.

Pelaksanaan PON XX Papua 2021 ini dilaksanakan di tiga Kabuapten dan satu kota yakni Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, Kabupaten Merauke dan Kota Jayapura.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya