Klasemen Sementara PON XX Papua: DKI Jakarta Unggul Jauh

Poster PON Papua
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua baru akan diselenggarakan pada malam nanti WIB, Sabtu 2 Oktober 2021. Namun, sudah cukup banyak cabang olahraga yang dipertandingkan dan menghasilkan medali bagi tiap daerah.

Pj Gubernur Sumut Terus Ajak Masyarakat Sukseskan PON 2024

Hingga pagi ini, 2 Oktober 2021, sudah terdapat 23 kontingen yang mengoleksi medali di PON XX Papua. DKI Jakarta masih jadi pemimpin klasemen sementara disusul oleh tuan rumah Papua.

Secara keseluruhan, seperti dikutip situs resmi PON XX Papua, kontingen Ibu kota sudah membukukan 63 medali. Rinciannya, 28 medali emas, 15 medali perak, dan 20 medali perunggu.

Persiapan PON 2024 On The Track, Ini Pesan Pj Gubernur Sumut ke OPD

Jakarta sukses menguasai sejumlah cabang olahraga, di antaranya sepatu roda, polo air, wushu, dan senam artistik. Terakhir, Rifda Irfanaluthfi menyabet medali emas di nomor all around individu putri.

Sementara, Papua juga telah mengoleksi 35 medali. Terdiri dari 17 medali emas, 5 medali perak, dan 13 medali perunggu.

Sport Centre Sumut Target Rampung Juli 2024, Ini Pesan Menko PMK

Di sisi lain, persaingan sengit ditunjukkan Jawa Barat dan Jawa Timur. Kedua kontingen sejauh ini sama-sama mengoleksi 11 medali emas. Hanya saja, secara keseluruhan, koleksi medali Jabar lebih banyak dari Jatim.

Dua daerah yang menjadi tuan rumah PON berikutnya, yakni Sumatera Utara dan Aceh, belum terlihat tajinya. Sejauh ini, Sumut baru mendapatkan delapan medali yang dua di antaranya adalah medali emas. Sedangkan, Aceh baru meraih dua medali, yakni satu medali emas dan satu medali perunggu.

PON XX Papua sendiri secara resmi akan dimulai pada 2-15 Oktober 2021. Namun, sudah ada beberapa olahraga yang dipertandingkan sebelum pembukaan.

Terdapat empat klaster sebagai tempat penyelenggaraan pertandingan, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya