Ketika Jokowi Main Bola dengan Anak Papua di Pembukaan PON 2020

Jokowi bermain bola dengan anak Papua di pembukaan PON
Sumber :
  • Agus Suparto/Kemenpora

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Stadion Lukas Enembe, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, 2 Oktober 2021.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Ada momen menarik dalam acara seremoni ajang multievent olahraga terbesar di Tanai Air itu. Jokowi terlihat asyik bermain bola dengan anak-anak Papua.

Melansir siaran Youtube Sekretariat Presiden, pada awalnya ada ada tiga anak Papua dipimpin pemain Legendaris Persipuara Jayapura, Jack Komboy menunjukkan aksi mereka mengolah si kulit bundar.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Setelah itu, seorang anak dengan pakaian adat asal Papua memanggil Jokowi untuk ikut bermain. "Bapak Jokowi sini main ikut kita," kata anak tersebut sambil melambaikan tangan.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Menanggapi panggilan tersebut, Jokowi meninggalkan kursi VVIP di venue pembukaan. Dia berlari, bergegas menuruni tangga ke panggung utama dan bergabung bersama anak-anak itu.

Jokowi pun asyik bermain bola dengan tiga anak tersebut dan Jack Komboy. Mereka saling mengoper bola satu sama lain selama tiga menit

Setelah itu, Jokowi memainkan tifa, alat musik tabuh tradisional asli Papua, yang diikuti oleh tamu VVIP lain. Permainan tifa Jokowi dan tamu lain itu menandai dibukanya PON Papua 2020 secara resmi.

Sebelumnya Jokowi dalam pidato pembukaannya berharap agar anak-anak muda Papua bisa terus mengembangkan prestasi agar menjadi sukses.

Dengan semangat PON XX, dirahapkan muncul atlet-atlet berprestasi di level nasional dan internasional dari Tanah Papua.

Jokowi pun mengajak anak-anak muda di Papua untuk mengikuti jejak para seniornya yang telah lebih dulu mengharumkan nama Indonesia di pentas olahraga seperti Lisa Rumbewas, Serafi Anelies Unani, hingga Boaz Solossa.

"Prestasi anak muda Papua harus terus dipupuk dan kita kembangkan. Prestasi atlet Papua seperti Lisa Rumbewas, Serafi Anelies Unani Atletik, Franklin Ramses atlet atletik, Boaz Solossa sepak bola harus diikuti oleh anak-anak muda Papua lain," ucap Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga berharap kreativitas anak-anak muda di bidang musik dan seni budaya juga dikembangkan. 

"Tadi kita lihat di awal pembukaan tadi sangat-sangat membanggakan, lagu Cuma Saya dari M.A.C dan Jangan Ganggu dari Shine of Black pasti akan diikuti oleh karya-karya yang tidak kalah hebatnya oleh anak-anak muda Papua," ucapnya.

PON 2020 diikti 7.066 atlet dari 34 provinsi di Indonesia. Para atlet tersebut akan bertanding dalam 37 cabang olahraga, 56 disiplin, dan 679 nomor pertandingan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya