Menpora Harap Pemda Papua dan PRSI Manfaatkan Venue PON XX 2021

Menpora Zainudin Amali meninjau venue cabor renang PON XX 2021
Sumber :
  • Kemenpora

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali meninjau venue cabang olahraga renang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di venue akuatik, Kompleks Olahraga Kampung Harapan Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu 10 Oktober 2021.

Akuatik Indonesia Resmi Ganti Nama Jadi Federasi Akuatik Indonesia

Menpora Amali menilai, secara umum penerapan protokol kesehatan pada pertadingan cabang olahraga renang sudah dilakukan dengan disiplin dan ketat, dengan penontonnya memakai masker dan jaga jarak. Meskipun penontonnya agak ramai. 

"Saya kira penerapan prokes sangat disiplin, ada jarak walaupun ramai. Ini ramai tapi prokesnya dilaksanakan dengan disiplin," kata Menpora. 

Millennium Aquatic Jakarta Juara 8 Kali Kejurnas IOAC 2023

Amali pun berharap kondisi tersebut dapat dipertahankan dengan baik hingga pertandingan-pertandingan dalam beberapa hari selanjutnya yang masih tersisa. 

"Nah saya berharap masih ada beberapa hari pertandingan untuk di Akuatik ini supaya prokesnya tetap dipertahankan seperti ini. Jadi masyarakat bisa melihat (menonton) tetapi mereka aman tidak terkena virus," harapnya. 

Indonesia Lolos Final Renang Estafet Campuran Asian Games 2023

PB PRSI DIminta Manfaatkan Fasilitas

Pada kesempatan ini, Menpora Amali meminta kepada pemerintah daerah Papua dan Jayapura untuk memanfaatkan fasilitas dan venue yang bagus ini setelah PON berkahir. 

Venue-venue tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan talenta-talenta atlet Papua. 

"Untuk sehari-hari bisa dimanfaatkan masyarakat atau atlet-atlet atau talenta Papua. Karena saya yakin Papua ini banyak sekali talenta-talenta cuma belum terlatih dan fasilitasnya belum seperti sekarang," ucapnya.

"Apalagi olahraga-olahraga perairan itu kan memang sejak lahir orang Papua sudah bermain air. Jadi saya berharap ini bisa dimanfaatkan," sambungnya. 

Disamping itu, Menpora Amali juga mendorong organisasi induk cabor renang, Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) untuk menggelar event nasional maupun regional di venue tersebut. 

"Kepada Pengurus PRSI saya sampaikan tadi supaya ada event nasional minimal. Kalau mereka ada kesempatan bisa melaksanakan event regional bawalah kesini," tuturtnya.

"Sehingga fasilitas ini benar-benar menjadi tempat untuk menghasilkan talenta yang baik dan menjadi kebanggaan kita. Ini bukan hanya kebanggaan Papua tetapi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia," jelasnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya