Ricuh Lagi di PON XX Papua, Baku Pukul di Cabor Gulat

Ricuh di cabang olahraga gulat PON XX 2021
Sumber :
  • tangkapan layar

VIVA – Kericuhan kembali terjadi di Pekan Olahraga (PON) Papua XX 2021, setelah cabang olahraga tinju yang membuat heboh beberapa waktu lalu kali ini keributan terjadi di pertandingan gulat putra pada Senin 11 Oktober 2021 kemarin. 

All Indonesian Final Tercipta di Kejuaraan Karate Internasional WKF Series A 2022

Venue GOR Hiad Say, Merauke, Papua dibuat bak arena tawuran. Banyak pihak terlibat sehingga menciptakan kegaduhan yang luar biasa hebat. 

Dari informasi yang diperoleh, pertandingan itu sejatinya adalah duel perebutan medali perunggu antara kontingen Kalimantan Selatan dan Papua. Awalnya protes dilakukan oleh kontingan tuan rumah kepada wasit karena menganggap juri membuat keputusan yang berat sebelah.

Transformasi Kualitas Demokrasi di Papua

Kondisi makin menegangkan, dalam proses protes ada seorang pendukung dari kontingen papua menerobos masuk arena. 

Mahasiswa Papua Pemukul AKBP Ferikson Ditangkap

Pria tersebut mengejar dewan juri, bahkan sampai merusak fasilitas tv dengan menendangnya hingga terjatuh. 

Kericuhan makin meluas, petugas keamanan yang siaga tak mampu mengendalikan situasi yang ada. 

Beruntung kericuhan bisa diredam usai petugas menenangkan kontingen Papua. Tim tuan rumah lalu memutuskan untuk walk out. 

Lebih lanjut, kabarnya kontingen Papua memutuskan untuk mengadukan indikasi kecurangan wasit ke Badan Arbitrase Olahraga Indonesia. 

PON XX 2021 tercoreng untuk kali kedua

Ini merupakan kali kedua wajah PON Papua tercoreng, sebelumnya keributan juga terjadi di cabang olahraga tinju pada 9 Oktober 2021 lalu. 

Perkelahian melibatkan petinju DKI Jakarta, Jill Mandagie dengan relawan PB PON XX Papua 2021. Dari informasi yang dihimpun, keributan berada saat Jill Mandagie tidak terima dengan keputusan wasit yang memenangkan atlet NTT, Luki Mira Agusto Hari.

Jill kemudian turun dari ring dan membanting pintu serta memukul papan pembatas. Dia juga tidak terima relawan melakukan pengamanan di bawah ring dan memenangkan atlet NTT hingga emosinya tersulut.

Setelah itu, tiba-tiba terjadilah baku hantam antara Jill dengan relawan PB PON. Hal ini tersebut berimbas adanya pemukulan terhadap Jill.

Kejadian ini membuat sejumlah polisi dan tentara yang melakukan pengamanan langsung berupaya melerai keributan antara Jill dengan salah satu relawan PB PON tersebut. Namun, kericuhan tak berlangsung lama setelah aparat langsung bergerak cepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya