Wapres Sebut PON XX Papua yang Tersulit Diselenggarakan

Wapres Ma'ruf Amin, saat menutup PON XX Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe.
Sumber :
  • PB PON XX Papua

VIVA – Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin, mengatakan, bahwa penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, merupakan PON tersulit untuk digelar dibanding dengan edisi-edisi sebelumnya.

Pj Gubernur Sumut Terus Ajak Masyarakat Sukseskan PON 2024

Hal tak lepas dari penyelenggaraan PON XX Papua 2021 yang berlangsung di tengah pandemi COVID-19.

"Bagi saya, ini merupakan PON tersulit yang bisa diselenggarakan," kata Ma'aruf dalam sambutannya di acara upacara penutupan PON XX Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe, Jumat 15 Oktober 2021.

Persiapan PON 2024 On The Track, Ini Pesan Pj Gubernur Sumut ke OPD

Pesta kembang api di acara upacara penutupan PON XX Papua 2021.

Photo :
  • PB PON XX Papua

Akan tetapi, Ma'ruf sangat mengapresiasi warga Papua yang telah berhasil menyelenggarakan PON XX dengan baik.

Sport Centre Sumut Target Rampung Juli 2024, Ini Pesan Menko PMK

"Tapi ternyata warga Papua bukan saja mampu, bahkan berhasil menyelenggarakannya dengan sempurna. Ini seusai dengan semboyan Torang Bisa!," tegasnya.

Butuh Kerja Ekstra Gelar PON di Tengah Pandemi

Lebih lanjut, Ma'ruf menyampaikan, pelaksanaan PON di tengah pandemi telah menuntut kerja ekstra dari seluruh karena harus menerapkan protokol kesehatan.

Kondisi itu menjadi catatan penting dari pelaksanaan PON yang dinilai Ma'ruf tidak mudah untuk dilakukan.

Catatan lainnya adalah soal pembangunan infrastruktur olahraga yang sangat masif, dengan standar dan kualitas internasional. Kemudian, lokasi venue yang tersebar di Jayapura, Mimika, dan Merauke.

"Jarak antar satu venue ke yang lain merupakan yang terjauh yang pernah ada dalam penyelenggaraan PON selama ini," ucap Ma'ruf.

PON XX Papua Sukses Digelar

Adapun pelaksanaan PON XX Papua telah sukses digelar sejak dibuka secara resmi pada 2 Oktober lalu.

Kontingen Jawa Barat menjadi juara umum PON XX dengan total raihan medali sebanyak 353 keping, yang terdiri dari 133 emas, 105 perak, dan 115 perunggu.

DKI Jakarta berada di posisi kedua dengan total perolehan medali sebanyak 301 keping, yang terdiri dari 110 emas, 91 perak, dan 100 perunggu.

Bertindak sebagai tuan rumah, Papua menempati peringkat keempat klasemen perolehan medali dengan meraih 261 keping medali, yang terdiri dari 93 emas, 66 perak, dan 102 perunggu.

Pada acara penutupan PON XX juga menghadirkan berbagai bintang tamu dari artis-artis papan atas Tanah Air, dan juga menyajikan sejumlah kearifan lokal dari Papua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya