Upaya Bangkitkan Olahraga Golf di Masa Pandemi

Ilustrasi orang bermain golf.
Ilustrasi orang bermain golf.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Olahraga menjadi salah satu kegiatan yang penting dilakukan di masa pandemi COVID-19 guna menjaga kondisi tubuh. Beberapa di antaranya yang menjadi semakin populer di tengah pandemi adalah lari dan bersepeda.

Nah, baru-baru ini telah terselenggara sebuah kegiatan untuk membangkitkan popularitas olahraga lain, yakni golf. Event tersebut bertajuk Xpora Virtual Golf Tour by BNI yang merupakan turnamen golf virtual.

Golf dipilih karena merupakan olahraga yang memiliki tingkat risiko relatif rendah di masa pandemi dibandingkan dengan jenis olahraga lain. Virtual Golf Tour dihelat demi mewadahi para pegolf amatir untuk menyalurkan kemampuan dan hobi mereka serta diharapkan bisa bersama-sama memajukan industri olahraga golf. 

“Xpora Virtual Turnamen Golf by BNI merupakan satu-satunya virtual golf yang menggunakan world handicap system di Indonesia. Turnamen ini dilaksanakan dengan cara yang berbeda dari turnamen golf yang ada, bekerjasama dengan AYOGOLF," ujar Koko Arto selaku penyelenggara Pelaksana Virtual Golf Tour.

Xpora Virtual Golf Tour by BNI

Xpora Virtual Golf Tour by BNI

Photo :
  • Istimewa

"Kami telah secara khusus menyiapkan aplikasi yang akan digunakan sebagai sarana dalam pelaksanaan turnamen ini. Peserta dapat melakukan kualifikasi kapan saja di lapangan yang telah ditunjuk oleh panitia dengan cara memasukan e-scorecard melalui aplikasi tesebut. Penentuan peringkat peserta yang dapat lolos ke babak final akan diperhitungkan dari hasil score yang telah dicatatkan melalui aplikasi," lanjutnya.

Virtual Golf Tour diikuti 1.500 golfer dari berbagai kalangan. Kegiatan ini diharapkan bisa membangun kembali pariwisata dan perekonomian Indonesia sekaligus pengembangan Sport Tourism.