PON XX Papua Resmi Ditutup, 90 Rekor Terpecahkan

Penutupan PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe.
Penutupan PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe.
Sumber :
  • PB PON XX PAPUA/Herka Yanis Pangaribowo

VIVA – PON XX Papua resmi ditutup Jumat 15 Oktober 2021.  Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin menutup event olahraga empat tahunan ini di Stadion Lukas Enembe.

Perhelatan PON XX telah menahbiskan Provinsi Jawa Barat sebagai juara umum dan sebanyak 90 rekor, baik rekor PON dan rekor nasional tumbang dalam hajatan olahraga akbar Indonesia di Bumi Cenderawasih.

Jawa Barat pulang dengan status juara umum dengan raihan 133 medali emas, 105 perak dan 115 perunggu dengan total 353 keping medali. Jawa Barat unggul atas Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Timur diperingkat pertama dan kedua. DKI mengumpulkan 110 medali emas, 91 perak dan 100 perunggu. Sementara Jawa Timur juga mengoleksi 110 medali emas, 89 medali perak dan 88 perunggu.

Papua sebagai tuan rumah finish di peringkat 4, dengan raihan 93 medali emas, 66 perak dan 102 perunggu.

Selain memastikan Jawa Barat sebagai juara umum, dilansir situs resmi PON, sebanyak 90 rekor baru juga telah terlahir di PON XX dari cabang olahraga Akuatik, Atletik, Selam, Menembak, disiplin Angkat Besi dan Angkat Berat.

Atlet Atletik, Halomoan E.B asal Jawa Barat
Photo :
  • ponpapuafoto.com

Atlet Atletik, Halomoan E.B asal Jawa Barat

Jumlah rekor yang pecah di cabang olahraga Atletik sebanyak 15 rekor. Di cabor ini, atlet lempar lembing Jawa Tengah, Atina Nur Kamil mengawinkan rekor PON dan nasional dengan jauh lemparan 51,26 meter.