Karate di PON XX Papua Berlangsung Mulus

Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman memberi apresiasi  kepada PB FORKI. Dia menganggap cabang olahraga karate di PON XX Papua berlangsung mulus.

KONI Pusat Buka 'Road To PON 2024' di Kota Palu

Penyelenggaraan pertandingan karate di PON XX Papua berjalan dengan fairplay dan tanpa kericuhan. Sedangkan di beberapa cabang olahraga lain, ada beberapa kejadian ricuh, seperti tinju, hulat, dan rugbi.

"Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada PB FORKI yang telah menyelenggarakan rangkaian pertandingan karate di PON tanpa ada masalah karena manajemen pertandingan dan organisasinya sangat baik. Wasit dan juri memberikan penilaian yang objektif sehingga tidak terjadi protes atas penilaian yang dianggap tidak wajar," kata Marciano.

Bertemu KONI, Wapres Ma'ruf Amin Ungkap Harapan untuk PON 2024

Karate merupakan cabang olahraga bela diri yang biasanya juga diwarnai keributan pada PON-PON sebelumnya. Hal itu menandakan PB FORKI di bawah kepemimpinan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Sekretaris Jendral Raja Sapta Ervian bekerja sama dengan PB PON mampu mengatur penylenggaraan pertandingan dengan baik sehingga bisa berjalan tertib dan lancar.

Penutupan PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe.

Photo :
  • PB PON XX PAPUA/Herka Yanis Pangaribowo
Resmi Dilantik, Ketua KONI Yakin Olahraga Indonesia akan Lebih Berprestasi

"Jika mengajukan keberatan itu biasa. Tapi setelah keputusan diambil, semua bisa menerima dengan baik. Selamat untuk PB FORKI. Terima kasih untuk PB PON yang telah menyiapkan arena ini dengan baik. Mari kita bawa kenangan manis dari venue karate di PON XX 2020 berjalan dengan sukses dan sangat membanggakan," imbuhnya.

Komitmen Bersama

Sementara itu, Sekjen PB FORKI, Raja Sapta Ervian, yang hadir bersama Ketua Umum KONI di venue pertandingan mengatakan bahwa pihaknya memegang komitmen untuk menjalankan pertandingan di PON XX 2020 secara profesional.

Bahkan, Raja Sapta Ervian mengungkapkan PON Papua 2020 ini jadi kali pertama penyelenggaraan karate di ajang multievent olahraga terbesar di Indonesia itu berjalan tanpa kericuhan.

"Di Karate dari awal sampai akhir kami, PB FORKI dan juga panitia tuan rumah berkomitmen untuk menjalankan pertandingan secara fairplay dan profesional sehingga sampai hari ini kami bisa buktikan bahwa di venue karate ini dari hari pertama sampai penutupan tertib lancar dan sukses," sebut Raja Sapta Ervian.

Sukses penyelenggaraan itu juga seiring dengan sukses prestasi di dalamnya. Termasuk kejutan yang dibuat atlet Papua yang berhasil mempersembahkan medali emas buat tuan rumah.

"Artinya perkembangan karate di Indonesia sekarang sangat baik. Kami lihat banyak atlet-atlet yang sangat potensial, banyak lahir bintang-bintang baru bahkan dari rumah sendiri," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya