Ramai Merah Putih Tak Berkibar, Menpora Zainudin Amali Buka Suara

Menpora RI, Zainudin Amali di PON XX Papua
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Skuad bulutangkis Indonesia akhirnya menyudahi puasa gelar Piala Thomas selama 19 tahun. Hendra Setiawan cs akhirnya bisa kembali membawa pulang piala bulutangkis beregu putra itu ke Tanah Air setelah terakhir kali pada 2002 lalu.

Rekam Jejak Indonesia di Piala Thomas dan Uber

Pada final Piala Thomas 2020 yang berlangsung di Ceres Arena Denmark, Minggu 17 Oktober 2021, Indonesia sukses menghancurkan China di partai final. Tak tanggung-tanggung, Indonesia mengunci kemenangan hanya melalui tiga gim saja, alias 3-0.

Sayangnya, momen spesial ini terasa hambar lantaran para putra terbaik negeri tak bisa mengibarkan bendera negara atau Merah Putih di turnamen ini walaupun sukses jadi juara. Untuk seremoni, Jonatan Christie cs ditemani bendera PBSI.

Mengulik Sejarah Rudy Hartono, Sang Raja Tunggal Putra All England

Indonesia juara Piala Thomas 2020

Photo :
  • Instagram: badminton.ina

Hal tersebut lantaran sanksi yang diterima Indonesia dari WADA (Badan Antidoping Dunia). Sebelumnya, per tanggal 7 Oktober 2021, WADA menjatuhkan sanksi pada Indonesia lantaran dianggap tak patuh dalam penegakan standar antidoping sehingga berimbas pada hak untuk menggelar kejuaraan tingkat regional, kontinental, atau internasional.

Peluncuran Satelit Merah Putih 2 Dilindungi Asuransi Jasindo, Simak Rinciannya

WADA menyatakan bahwa Lembaga Antidoping Indonesia (LADI) dan Korea Utara tidak patuh karena tidak menerapkan program pengujian yang efektif. Imbasnya, Indonesia tak memenuhi syarat untuk jadi tuan rumah turnamen regional hingga dunia. Ditambah, tak bisa mengibarkan bendera negara selain di Olimpiade.

Hanya saja, atlet masih diperbolehkan bertanding di semua kejuaraan. Beruntung, lagu kebangsaan Indonesia Raya bisa berkumandang saat Tim Merah Putih menjuarai Piala Thomas 2020.

Menpora Zainudin Amali

Photo :
  • Tangkapan layar

"LADI sudah menyampaikan alasan tidak dapat memenuhi sebagian jumlah sample doping sebagaimana TDP  karena adanya pandemi COVID-19 yang menyebakan semua kegiatan olahraga di Indonesia dihentikan. Untuk sample doping dalam TDP tahun 2021 akan dipenuhi melalui sample dari PON XX yang sedang dalam proses pengiriman ke Lab tes doping di Qatar," tambahnya. 

Amali menegaskan, pembenahan manajemen di internal LADI tengah dilakukan. Ia berharap masalah ini bisa segera terselesaikan.

"Pembenahan manajemen di internal LADI juga sedang dilakukan. Semoga masalah ini segera bisa diselesaikan, untuk sementara yang masih diperbolehkan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya