Kemenpora Resmi Buka Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional 2021

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta
Sumber :
  • Humas Deputi 3 Kemenpora

VIVA – Pekan Olahraga Tradisional tingkat Nasional (Potradnas) VIII Tahun 2021 resmi dibuka oleh Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta pada Jumat pagi 22 Oktober 2021 di Pantai Wisata Tanjung Pendam Kabupaten Belitung

Dominasi Skuad Timnas U-23 di Piala Asia, Menpora Dito Akan Terus Maksimalkan PPLP dan SKO

Pembukaan Potradnas ditandai dengan pemukulan lesung oleh jajaran pemerintah daerah dan Kementerian Pemuda dan Olahraga yang hadir. 

Adapun tema yang diusung pada Potradnas 2021 adalah Lestarikan Olahraga Tradisional untuk Indonesia Sehat dan Bugar.  

Kalahkan Australia, Timnas Indonesia U-23 Didominasi Alumnus PPLP dan SKO Kemenpora

Acara pembukaan dimulai dengan parade devile atlet yang bertanding. Adapun jumlah keseluruhan peserta yaitu 374 orang dari 21 kontingen yang terdiri dari 18 provinsi dan 3 kabupaten/kota. 

Potradnas 2021 akan dilaksanakan hingga 24 Oktober mendatang dengan mempertandingkan 5 cabang olahraga tradisional yaitu egrang, ketapel, lari balok, panahan, dan sumpitan di Stadion Pangkal Lalang. 

Sudah Video Call, Penyerang Label Eropa Bakal Perkuat Timnas Indonesia?

Pembukaan Pekan Olahraga Tradisional Indonesia

Photo :
  • Humas Deputi 3 Kemenpora

Sekda Belitung Hendra Caya dalam laporan pelaksanaan kegiatan menyampaikan bahwa tropi dan medali akan diberikan untuk kontingen peringkat 1-4 pada masing-masing cabang olahraga yang dipertandingkan. Dan untuk juara umum diberikan 1 tropi juara umum.

Bupati Belitung Sahani Soleh dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga Negeri Laskar Pelangi karena dipercaya menjadi tuan rumah Potradnas di masa pandemi COVID-19. 

"Ini untuk membangkitkan kembali kunjungan wisatawan ke Belitung. Olahraga Tradisional mengandung nilai filosofis, hak cipta nenek moyang kita yang harus kita lestarikan," ucapnya.

Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah menyampaikan terima kasihnya kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga karena telah melirik dan memberikan kesempatan kepada Kabupaten Belitung untuk melaksanakan Potradnas VIII Tahun 2021. 

"Saat ini olahraga tradisional tergeser dan mulai tergerus oleh olahraga terbarukan. Keberadaan kita disini saat ini adalah untuk melestarikan olahraga tradisional tersebut," ucapnya.

Potradnas harus membawa kegembiraan. Karena bergembira adalah bagian dari pembudayaan olahraga.

"Mari kita canangkan pada momentum ini semboyan 3-B untuk melawan COVID-19, yaitu Bergerak-Bergembira-Berjemur," Raden Isnanta dalam sambutannya. 

Pembukaan Potradnas 2021

Photo :
  • Humas Deputi 3 Kemenpora

Isnanta juga mengajak masyarakat Belitung untuk melestarikan olahraga tradisional dalam kehidupan sehari-hari. "Kalau bukan kita, siapa lagi?", tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya