Sambut HUT ke-70, Perbasi Canangkan 2 Program Utama

Pengurus PP Perbasi usai melakukan rapat pleno
Sumber :
  • Perbasi

VIVA – Pengurus Pusat Persatuan Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) merayakan Hari Ulang Tahun ke-70 yang jatuh pada Sabtu 23 Oktober 2021. Perayaan dilakukan secara sederhana di kawasan Cisarua, Bogor, Jawa Barat, dengan menggelar potong tumpeng.

Jakarta Tuan Rumah Liga Champions Asia Basket 2024

Terdapat sejumlah pengurus yang hadir mulai dari Ketum PP Perbasi Danny Kosasih, Sekjend PP Perbasi Nirmala Dewi, Bendahara Umum Cyrus Harsaningtyas, Waketum Bidang Pembinaan dan Prestasi George Dendeng, Waketum Bidang Marketing dan Bisnis Francis Wanandi, dan Waketum Bidang Organisasi Wawan Mulyana.

Sebelum acara puncak, para pengurus menggelar rapat pleno untuk menentukan langkah ke depan. Rapat itu menghasilkan beberapa program yang akan diputar tahun ini yang berlanjut tahun depan.

Harapan Perbasi kepada Pelita Jaya dan Prawira Bandung yang Mentas di Liga Champions Asia Basket

"Rapat Pleno berjalan lancar ada beberapa program yang telah diputuskan dan disetujui. Seperti rangkaian kegiatan HUT Perbasi ke-70 yang akan dilaksanakan di Senayan dan memunculkan beberapa program baru, seperti Basket Indonesia Bergerak. Kemudian untuk bidang organisasi akan dilakukan sedikit perubahan dengan memasukan komisi Piala Dunia Basket," tutur Sekjend PP Perbasi, Nirmala Dewi.

PP Perbasi merayakan HUT ke-70

Photo :
  • Perbasi
Pebasket Putri di PON Aceh-Sumut Tak Terikat Syariat Islam

Ketum Perbasi, Danny Kosasih, mengatakan program yang dibahas dalam rapat pleno akan dilakukan selambatnya dua bulan ke depan. Tujuan besar untuk Timnas, yakni mempersiapkan Timnas Elite proyeksi Piala Dunia Basket 2023. Awal bulan depan akan dilaksanakan pemusatan latihan ke Amerika Serikat untuk kemudian menghadapi Lebanon dalam Kualifikasi Piala Dunia Basket 2023 untuk window pertama pada 26 dan 29 November 2021.

Namun demikian, Danny menegaskan bahwa target tembus 8 besar Piala Asia Basket tahun depan tetap menjadi harga mati. Ini bisa menjadi jalur lain menembus putaran final Piala Dunia Basket 2023 selain melalui kualifikasi.

Demi mendukung target ini, Perbasi juga telah membentuk Timnas Elite Muda yang difungsikan sebagai produsen pemain Timnas basket. "Nantinya, materi pemain bisa dipakai Coach Rajko Toroman dan status pemain belum terikat dengan klub IBL," jelas Danny.

Nah, agar dukungan publik melimpah dalam penyelenggaraan Piala Dunia Basket 2023, PP Perbasi meluncurkan program Basket Indonesia Bergerak. Melalui pogram ini masyarakat Indonesia bisa demam bola basket. Rencananya, dieksekusi mulai 2022 dengan menyentuh lapisan masyarakat hingga pelosok di 80 kota di seluruh Indonesia.

Pemain Timnas Basket Indonesia, Lester Prosper dan Brenda Jawato.

Photo :
  • FIBA

"Konsepnya, selain untuk demamkan masyarakat terhadap bola basket, program ini untuk menambah jam terbang para pebasket muda. Pelaksanaannya mengambil waktu saat weekend, Jumat sampai minggu. Minimal satu kota diikuti 10 tim dengan usia atlet di bawah 22 tahun. Total akan melibatkan 12 atlet. Waktu kompetisi minimal tiga bulan, sehingga waktu bermain cukup banyak. Teknisnya nanti akan koordinasi dengan Pengprov," kata Waketum Bidang Pembinaan dan Prestasi George.

Pada perayaan ulang tahun kali ini juga dimanfaatkan untuk mentransformasi PP Perbasi menjadi lebih profesional. Salah satunya dengan merapihkan administrasi organisasi.

"HUT Perbasi ke-70 akan menjadi momentum program ke depan, rangkaian acara peluncuran logo dan label basketball Indonesia, pemberian penghargaan terhadap tokoh bola basket Nasional termasuk launching sosmed PP Perbasi yang bersifat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mem-follow semua kegiatan PP Perbasi," ucap Waketum Bidang Marketing dan Bisnis Francis Wanandi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya