Lepas Atlet ke Peparnas Papua, Gubernur Sumut: Berangkat untuk Menang

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, melepas kontingen ke Peparnas Papua
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi melepas kontingen Sumut untuk berjuang mengikuti Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) ke XVI/2021 Papua yang berlangsung 2-15 November 2021.

Persiapan Hadapi Peparnas 2024, NPC Sumut Lakoni Sesi Tes Kesehatan dan Fisik

Pelepasan para atlet Peparnas Sumut digelar di Aula T Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman Medan, Kamis 28 Oktober 2021. Edy berpesan di Peparnas ini, para atlet tersebut mampu mengharumkan nama daerah.

"Kita pasti bisa (juara), tidak ada yang tak bisa, yang penting kita jujur dan ikhlas. Apa pun kondisi kalian saya mau kalian berjuang sampai titik darah penghabisan demi nama Sumut," ucap Edy.

Sumatera Utara Siapkan Program Jelang Peparnas 2024

Targetkan 40 Medali Emas

Mantan Ketua Umum PSSI itu berharap para patriot olahraga difabel bisa meraih juara dengan menjunjung tinggi sportivitas, jujur, dan ikhlas. Edy mengungkapkan target harus dicapai, setidaknya 40 medali emas bisa dibawa pulang ke Sumut ini.

Transformasi Kualitas Demokrasi di Papua

"Kalian kompak sama-sama kalian di situ. Haram hukumnya kalian menyerah. Kalian berangkat untuk menang," kata Edy.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, melepas kontingen ke Peparnas Papua

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution

Meski dengan keterbatasan fisik yang dimiliki atlet. Edy mengungkapkan bukan menjadi alasan tidak mampu berprestasi seperti atlet non difabel. Keterbatasan ini justru bisa menjadi kelebihan untuk meraih juara. 

"Saya lihat wajah kalian berseri-seri untuk membesarkan nama Sumut yang kita cintai ini. Kalau bukan kalian siapa lagi? Gak mungkin kita pinjam dari provinsi lain. Inilah yang saya harapkan dari kalian semua," jelas Eddy.

Mantan Pangkostrad ini, mengatakan dengan keterbatasan fisik, para atlet memilik sosok juara, petarung dan mampu ngukir prestasi yang terbaik.

"Masing-masing kita punya kesempatan. Tidak ada kekurangan, itu adalah takdir tuhan. Dengan segala kekurangan kalian, tapi kalian bisa mengukir dari pada orang seperti saya yang sempurna fisiknya. Tapi saya tak bisa berbuat apa apa seperti yang kalian lakukan," tutur Edy.

Ikuti 9 Cabang Olahraga

Pada Peparnas 2021 Papua, kontingen Sumut berjumlah 120 orang, masing-masing terdiri dari 66 atlet, 24 pelatih, dan 30 official. 

Kontigen Sumut akan mengikuti sembilan cabang olahraga, yakni atletik, catur, renang, bulutangkis, tenis meja, tenis lapangan, panahan, angkat berat, dan judo. 

Pada Peparnas 2016 di Jawa Barat, kontingen Sumut berada di peringkat tiga besar dengan 38 emas, 38 perak, dan 20 perunggu. 

Sementara, seluruh kontingen Sumut akan berangkat menuju Papua pada Selasa sore, 2 November 2021 melalui bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang.

Sudah Pelatda Selama 2 Bulan

Sementara itu, Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting, mengatakan sebagai persiapan menuju Peparnas, para atlet sudah menjalani pelatda penuh selama hampir dua bulan di daerah, meski dengan prokes yang ketat. Alan berharap dengan persiapan maksimal target 40 medali emas bisa diwujudkan.

"Kita sudah menjalani pelatda penuh selama dua bulan di daerah. Jika tahun 2016 kita berada di posisi tiga besar, maka tahun ini kita berusaha pertahankan posisi itu dan targetkan 40 medali emas," kata Alan. 

Alan mengatakan, sejumlah cabor yang potensi persembahkan medali emas diantaranya atletik, angkat berat, catur, dan judo. 

"Kita tahu cabor lain juga punya kans medali. Makanya, kita jaga tidak hanya persiapan mental dan spirit bertanding mereka, tetapi juga menjaga kesehatan dengan baik untuk mencegah COVID-19," ucap Alan.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya