Misi Tuntas, Pelari Austria Siap Bagikan 1 Juta Air ke Sumba Timur

Pelari asal Austria, Robert Spour, siap salurkan 1 juta liter air ke Sumba Timur
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Setelah menuntaskan misi berlari dari Jakarta menuju Bali, Pelari sekaligus seniman asal Austria, Robert Spour bersama istrinya, Bibi Punky akan mulai mengirimkan satu juta liter air minum ke Sumba Timur pada 17 November 2021.

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

Pria yang akrab disapa Om Rob itu mengatakan, pengiriman air akan dipusatkan pada daerah yang mengalami kekeringan parah, Terutama kepada anak-anak yang paling terpengaruh oleh kekurangan gizi dan kurangnya sanitasi. 

Om Rob menyebut, selain mengirimkan truk air ke daerah tersebut, enam desa juga akan mendapatkan sumur dengan air tanah. Pengeboran telah dimulai pada Oktober 2021 dan telah berhasil di dua desa.

Pemred tvOnenews.com, Jurnalis Pertama Indonesia Peraih Six Star World Marathon

"Semua ini dapat terwujud berkat dukungan BLOOM HELPS dan TNI AD, KODAM IX/UDAYANA dan KODIM 1601/ST," kata Om Rob, Senin 8 November 201.

Selain mengirimkan satu juta liter air minum, Om Rob dan Bibi Punky yang membawa pesan penting dari TUPAI PANDAI untuk memajukan kesehatan dan lingkungan yang bersih akan membagikan seperangkat alat kebersihan COVID-19 dan perlengkapan sekolah sembari bersepeda.

Pelari Ultra Inggris Jasmin Paris Jadi Wanita Pertama dalam Sejarah Taklukkan Barkley Marathon

Om Rob mengungkapkan, meski berwarganegara Austria, dia sangat mencintai Indonesia dan masyarakatnya yang sangat ramah. Aksi mulia ini ia lakukan juga sebagai persembahanya untuk Indonesia yang telah ia tinggali selama 18 tahun lamanya.

"Saya sudah 18 tahun tinggal di Indonesia dan saya sangat suka Indonesia. Orang-orangnya sangat menyenangkan, semoga apa yang kami lakukan bersama BLOOM HELPS dan Tupai Panda bisa memberikan dampak positif untuk banyak orang," ucapnya.

Sementara itu, Bibi Pungky mengucapkan terima kasih kepada TNI AD, KODAM IX/UDAYANA dan KODIM 1601/ST yang sudah membantu melancarkan misi mereka menyalurkan air bersih di Sumba Timur.

"Mungkin kalau tidak ada TNI, kami juga tidak bisa. Mereka sangat membantu, mencarikan titik air. Semoga dengan aksi ini tidak ada kesulitan air lagi di Sumba Timur," ucapnya.

"Dan yang paling utama buat saya adalah ada rumah sakit di sana yang masih membeli air bersih. Dan kami akan mencari orang-orang yang sangat membutuhkan, nantinya akan dibantu TNI.

Di sisi lain, Om Rob juga juga menawarkan kesempatan kepada publik untuk berpartisipasi dalam aksi amal ini. Donasi dapat dilakukan di www.tupaipandai.com. 

Kegiatan mulia ini sebenarnya bukan yang pertama dilakukan Robert. Sebelumnya, Robert pernah bersepeda dari Jakarta menuju Bali dengan tujuan yang sama yang terakhir dilakukan pada Maret 2021 silam.

Sementara itu, Andrew Chu, Direktur utama Bloom Indonesia mengatakan, pihaknya sudah bekerja sama dengan Om Rob selama tiga tahun. Kesamaan visi dan misi menjadi alasan utama langgengnya hubungan kedua belah pihak.

"Selama ini kami mendukung Om Rob dan Bibi Punky karena memberikan banyak manfaat kepada masyarakat. Dua tahun ini, banyak yang lupa dengan adanya COVID-19. Sebenarnya masih banyak masalah yang perlu diselesaikan, salah satunya adalah Air bersih," kata Andrew. 

"Mungkin ini masih kecil, tapi dengan kerja sama Tupai Panda dan Bloom Indonesia, diharapkan mampu membantu dan memotivasi pihak lainnya untuk menyelesaikan masalah sosial," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya