Atlet Muda Omar Rawiendra Tampil di Kejuaran Dankormar Cup 2021

Petembak muda Omar Rawiendra Harnoko
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Sejumlah petembak muda nasional yang tergabung di jajaran Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) turut ambil bagian dalam ajang Dankormar Cup 12-14 November 2021.

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024

Lomba ini dibuka langsung oleh Wakil Komandan Korps Marinir (Wadankormar) Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Korps Marinir TNI Angkatan Laut.

Petembak muda dari Perbakin unjuk kemampuan bersama 989 peserta lainnya dari TNI, Polri dan masyarakat umum.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Petembak muda di antaranya, Sarah Ayu Tamela (22 Tahun), Vincent Djayadiningra (24 Tahun) dan salah satu shooter muda potensial dari Perbakin DKI Jakarta, Omar Rawiendra Harnoko.

Omar yang berusia 16 tahun baru memulai olahraga menembak sejak tahun lalu dan telah mengikuti beberapa kejuaraan Nasional bergabung dalam tim Infinity Indonesia yang ambil bagian dalam kategori pistol reaksi open The International Practical Shooting Confederation (IPSC).

PB IKASI Kirim Arval Raziel dan Ricky Dhisulimah Ikut Kualifikasi Olimpiade

"Alhamdulillah, event kali ini berjalan sangat lancar baik untuk saya dan peserta lainnya. Dan Korps Marinir TNI Angkatan Laut selaku penyelenggara memberikan fasilitas yang sangat baik," ujar Omar usai pertandingan.

Omar melanjutkan, persaingan di Dankormar Cup cukup ketat, namun dia mengatakan banyak kompetitor yang tidak ikut dikarenakan banyaknya pertandingan menembak beberapa pekan terakhir.

"Banyak kompetitor yang tidak ikut karena padatnya jadwal pertandingan. Namun saya berharap semoga kedepannya semakin banyak petembak yang ikut. Pasalnya dalam Dankormar Cup 2021, banyak peserta non IPSC atau peserta baru. Dan selamat serta sukses untuk korps Marinir yang sudah menyelenggarakan event ini dengan baik," harap Omar.

Sebelum mengikuti Dankormar Cup 2021, siswa Al-Azhar Pondok Labu tersebut memiliki berbagai prestasi, di antaranya juara Dankormar Cup 2020 Junior 3 grade U2, Gubernur Jabar Cup Junior 3 grade U2, Danjen Kopassus Cup 2021 Junior 3 grade C1, Eiger Championship 2021 Junior 2 grade C2.

Di Dankormar Cup 2021, Omar berhasil menduduki peringkat 8 untuk semua kategori yang diperlombakan, menduduki peringkat 3 untuk kelas junior serta sukses bertengger di peringkat 1 untuk kelas C.

Sementara itu, dalam amanatnya Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono mengatakan, Lomba Menebak Dankormar Cup Tahun 2021 itu sebagai wadah untuk meningkatkan kemampuan dan berbagi pengalaman bagi para prajurit dan pecinta olahraga menembak.

"Sehingga diharapkan pada kegiatan lomba menembak ini akan dapat memunculkan bibit-bibit petembak baru yang memiliki potensi dan syarat pengalaman hingga akhirnya dapat tampil menjadi Duta Bangsa yang disegani pada Event-event perlombaan tingkat Internasional," kata Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Lebih jauh dia berharap, Lomba Tembak Dankormar Cup Tahun 2021 ini dapat terlaksana secara optimal dengan berupaya memelihara ketertiban dan kelancaran serta menunjukkan prestasi dan menjunjung tinggi sportifitas, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan COVID-19.

Adapun Bidang yang dilombakan pada Lomba Dankormar Cup ini, antara lain, menembak Pistol meliputi Pistol Presisi dan Eklusif serta Pistol reaksi IPSC dan Non IPSC.

Menembak Sniper/HPR (High Power Rifle) Perorangan dan beregu 100M, 300M dan 400M dan Air Refle/PCC (Pre Charged Pneumatic)  Banchrest 25M, Multirange (18, 27, 33, 44) berdiri serta Banchrest 41 M.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya