Kisah Mantan Pemulung Kini jadi Atlet Berprestasi

Binaragawan Indonesia, Taat Pribadi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Atlet binaraga Indonesia, Taat Pribadi, dipastikan tampil di ajang bergengsi yang dihelat di Las Vegas, Amerika Serikat. Event tersebut bertajuk Musclemania yang akan berlangsung pada 21 November 2021.

Cedera Saat Angkat Beban Bisa Sebabkan Kematian, Ini Tips Antisipasinya

Musclemania sendiri adalah kejuaraan bodybuilding natural – tanpa penggunaan bahan-bahan seperti steroid anabolik, insulin, diuretik, dan hormon pertumbuhan – paling bergengsi di dunia yang diselenggarakan oleh organisasi Musclemania untuk para atlet dari berbagai negara.

Ini pun bukan kali pertama bagi Taat Pribadi mengikuti kompetisi serupa. Dia pernah menjuarai Musclemania World '04 sebelumnya.

Justyn Vicky Meninggal Dunia, Polresta Denpasar Terbitkan Laporan Polisi Model A

Binaragawan Indonesia, Taat Pribadi

Photo :
  • Istimewa

Setelah itu, atlet berusia 45 tahun ini memang sempat vakum untuk bertanding. Berselang 10 tahun, tepatnya pada 2016 Taat Pribadi kembali ke panggung dan debut untuk Musclemania Pro.

Perbafi Soroti 3 Hal dalam Kecelakaan Angkat Berat yang Tewaskan Justyn Vicky

Di luar prestasinya selama ini, kisah hidup Taat Pribadi juga menarik untuk diketahui. Sebelum menjadi atlet binaraga nasional, Taat Pribadi ternyata merupakan mantan pemulung dengan ijazah SD.

Dia dilahirkan di keluarga yang sederhana sehingga membuatnya terpaksa tak menyelesaikan sekolah. Taat Pribadi juga harus bekerja untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarganya.

“Saya dilahirkan di keluarga yang sangat sederhana. Boleh dikatakan keluarga yang sangat miskin. Orang tua saya sendiri bekerja sebagai tukang becak. Ibu hanya seorang tukang cuci. Bahkan untuk makan sehari-hari kami harus membeli nasi bekas atau nasi aking. Dan kondisi itu juga yang memaksa saya untuk tidak bisa menyelesaikan sekolah,” ujar Taat.

Di situlah dia memilih untuk jadi pemulung sejak usia 12 tahun. Dia juga pernah menjadi security. Kemudian, Taat Pribadi mengikuti kompetisi binaraga dan menjadi juara.

Dari situ, langkahnya semakin terbuka untuk tampil di ajang yang lebih tinggi. Dia kemudian ikut seleksi Pekan Olahraga Nasional dan akhirnya terpilih mewakili Jawa Tengah pada PON 2004 dan 2008.

Di dua edisi tersebut, dia berhasil menyabet medali perak. Namun, dia sempat vakum di dua edisi PON berikutnya.

"Dari PON saya mengikuti Kejuaraan Asia di Selangor, Malaysia. Nah dari situlah saya mendapat tiket untuk Kejuaraan Dunia. Dan saya mendapat juara dunia Musclemania di Anaheim California,” ujar Taat.

Pada PON XX Papua, Taat Pribadi memperoleh medali perunggu di kelas 75 kg. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya