Indonesia Wushu All Games 2021 Diramaikan 500 Peserta

Konferensi pers Indonesia Wushu All Games 2021
Sumber :
  • VIVA/Riki Ilham Rafles

VIVA – Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) menutup kegiatan di akhir 2021 dengan menggelar empat ajang sekaligus. Rangkaianini bertajuk Indonesia Wushu All Games 2021.

Pj Gubsu Dorong Atlet Wushu Sumut Raih Prestasi di Kejuaraan IWAG 2023

Ajang ini akan melibatkan 500 atlet wushu junior dan senior dari berbagai daerah. Lokasi penyelenggaraan bertempat di Tenis Indoor Senayan pada 8-11 Desember 2021. 

Keempat ajang ini terbagi dalam Final Stage Sirkuit Nasional (Series) Taolu Junior, Kejuaraan Nasional Sanda Pra Junior dan Junior, Kejuaraan Open Wushu Taolu Senior, dan Kejuaran Open Wushu Kungfu-Wingchun. 

Atlet Wushu Samuel Marbun Persembahkan Perak di Asian Games 2022

Sekjen PB WI, Ngatino didampingi Ketua Bidang Pembinaan Prestasi  Sanda, Sudarsono mengatakan, ada tiga misi yang dijalankan di Indonesia Wushu All Games 2021. Dan program ini mendapat dukungan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). 

Pertama, membentuk regenerasi dalam upaya menjaga jurang prestasi antara atlet junior dan senior menghadapi persaingan ketat di ajang single dan multi event internasional ke depan. 

Klasemen Medali Asian Games 2022: Indonesia Tertahan di Posisi 8, China Makin Unggul

Kedua, mempersiapkan atlet junior berkualitas dalam menghadapi event internasional maupun saat Indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022. 

Atlet Wushu DKI Jakarta, Keana Mclaren Lee

Photo :
  • Dok. PB Wushu Indonesia

Dan yang terakhir adalah menjalankan komitmen PB WI dalam mengakomodir kungfu tradisional yang akan diterjunkan pada event kungfu tradisional internasional di kalender Organisasi Wushu Internasional (IWUF). 

"Indonesia Wushu All Games 2021 ini sebagai bukti keseriusan pak Airlangga Hartarto dalam upaya mempertahankan dan membangun prestasi olahraga wushu Indonesia lebih baik lagi ke depan. Dan, PB WI punya tekad untuk menjadikan cabang olahraga wushu bisa menjadi salah satu cabor andalan bagi Kontingen Indonesia pada setiap pelaksanaan SEA Games maupun Asian Games," tegas Ngatino. 

Potensi wushu Indonesia untuk meraih prestasi di ajang single maupun multi event internasional cukup besar. Hal ini sudah dibuktikan dengan lahirnya atlet-atlet kelas dunia seperti peraih emas Asian Games 2018 dan peraih emas pada lima Kejuaraan Dunia Wushu.

Saat ini, PB WI sudah memiliki stok 160 atlet wushu taolu junior berkualitas yang dijaring dari hasil dua seri Kejuaraan Wushu Taolu Virtual yang digelar Maret dan Juni lalu. Mereka akan turun untuk memperebutkan tiket menuju pelatnas junior pada Final Stage Sirkuit Nasional (Series) Taolu Junior. 

"160 atlet wushu taolu yang tampil di final stage itu merupakan hasil yang dijaring dari 1.800 atlet dari berbagai sasana saat tampil di Seri 1 dan Seri 2. Kini, mereka kembali diseleksi untuk menentukan atlet terbaik yang akan menghuni pelatnas junior," ungkap Ngatino. 

"Penjaringan atlet juga akan dilakukan pada Kejuaraan Open Wushu Taolu Senior. Mereka yang terbaik akan berpeluang untuk masuk dalam pelatnas wushu senior. karena, pelatnas menggunakan sistem promosi dan degradasi," imbuhnya.

Mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi COVID-19, Ngatino mengatakan Indonesia Wushu All Games 2021 akan menerapkan protokol kesehatan sangat ketat. 

"PB WI akan memberlakukan prokes cukup keat dalam upaya menekan adanya penyebaran COVID-19. Dan, kita juga sudah mendapat izin dari Satgas Covid-19 untuk pelaksanaannya," tandas Ngatino.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya